Text
PERHATIAN ORANG TUA SISWA DALAM PERAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA MTs NURUL FALAH KERTAGENAH DAYA KADUR PAMEKASAN
ABSTRAK
Samiyatul Mabrurah, 2020, Perhatian Orang Tua Siswa dalam Peran Kedisiplinan Belajar
Siswa MTs Nurul Falah Kertagenah Daya Kadur Pamekasan, Program Studi Bimbingan dan
Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura,
Pembimbing: Abbadi Ishomudin, S.Pd,MA.
Dalam membentukan karakter disiplin belajar siswa pasti tidak terlepas dari peran orang
lain yang sangat berpengaruh, salah satunya adalah orang tua. Orang tua berperan penting dalam
proses pendidikan anak-anaknya, termasuk dalam kedisiplinan belajarnya, kedisiplinan tersebut
sangat penting dimiliki oleh seorang siswa, namun kedisiplinan tersebut perlu dilatih baik dari
lembaga pendidikan dan orang tua. Dalam penelitian ini, ada tiga fokus yang akan menjadi
kajian dalam penelitian ini, Pertama, Bagaimana Kedisiplinan Belajar Siswa MTs Nurul Falah
Kertagenah Daya Kadur Pamekasan, Kedua, Langkah-langkah apa sajakah yang dilakukan orang
tua dalam kedisiplinan belajar siswa MTs Nurul Falah Kertagenah Daya Kadur Pamekasan?,
Ketiga, Apa solusi yang diberikan orang tua siswa untuk mengatasi faktor penghambat dalam
meningkatkan kedisiplinan belajar siswa MTs Nurul Falah?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam
prosedur pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis penelitian
merupakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan dalam pengecekan
keabsahan data peneliti meliputi ketekukan pengamatan, Perpanjangan pengamatan, triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahawa: Pertama, kedisiplinan belajar siswa MTs Nurul
Falah sudah menerapkan tentang kedisiplinan belajar namun hal ini masih kurang efektif
mengenai kedisiplinan karena banyak siswa di sekolah masih kurang menegakkan kedisiplinan,
selain itu wali kelas juga meminta bantuan orang tua untuk berkerjasama karena peran orang tua
juga sangat penting untuk kehidupan kedisiplinan dalam belajarnya. Kedua, Langkah-langkah
orang tua dalam kedisiplinan belajar siswa yaitu dengan memberikan nasehat, menemani siswa
dalam belajar, memberikan contoh bagaimana semestinya, mengingatkan untuk selalu beribadah
pada waktunya dan juga mengontrol kegiatan setiap harinya. Ketiga, solusi yang diberikan rang
tua dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa yaitu orang tua memberikan reward dan
punishment dengan adanya rewardakan menjadikan motivasi bagi siswa untuk bisa
memunculkan minat terhadap peningkatan kedisiplinan. Sedangkan punishment itu sendiri
adalah untuk menciptakan efek jera, sehingga siswa itu tidak akan mudah terpengaruh dengan
lingkungan. Faktor penghambat nya bermula dari diri siswa karena tidak ada kemauan dan juga
pengaruh dari lingkungan siswa.
Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Kedisiplinan Belajar
Tidak tersedia versi lain