Text
UPAYA PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 DI SD TAMBUNG 1 PADEMAWU TAHUN PELAJARAN 2018-2019
ABSTRAK
Mumtahinnah, 2019, Upaya Penggunaan Media Gambar untuk
Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas 1 Di
SDN Tambung 1 Pademawu Tahun ajaran 2018/2019, Skripsi, Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura,
Pembimbing : Dr. ,Mohammad Thoha, M.Pd.I
Kata Kunci: Penggunaan Media Gambar, Meningkatkan Minat Belajar
Pembelajaran Matematika
Penggunaan media dalam proses KBM di sekolah sangatlah penting,
terutama pada kelas rendah yang masih sangat mengandalkan media sebagai
perantara menyampaikan informasi pembelajaran pada siswa, media gambar
dipilih, dikarenakan media gambar merupakan media yang mudah di pahami oleh
siswa yang masih kelas rendah yakni kelas 1, selain mudah dipahami untuk siswa
kelas 1 , media juga menambah daya tarik dan minat belajar tersendiri bagi siswa.
Berdasarkan hal tersebut terdapat beberapa permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu bagaimana cara guru dalam penerapan
Media Gambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran
Matematika di Kelas 1 SDN Tambung 1 Pademawu Tahun ajaran 2018/2019.
Bagaimana Minat Belajar Siswa setelah diadakannya penerapan media gambar
dalam pembelajaran Matematika kelas 1 SDN Tambung 1 Pademawu Tahun
Pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
menggunakan model yang dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Robbin Mc
Taggart dan dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas 1 yang berjumlah 11 siswa, yang tediri dari 7
orang siswi dan 4 orang siswa serta objek dari penelitian ini adalah pembelajaran
Matematika Siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, tes
dan dokumentasi. Teknikanalisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitaf.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan
minat belajar siswa yang semakin signifikan yang bisa dilihat dari hasil belajar
pembelajaran Matematika, peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari
meningkatnya hasil ketuntasan belajar siswa dari nilai rata-rata pada pra siklus
yaitu 56 dan memiliki ketuntasan belajar sebesar 36%. Pada siklus 1 dengan ratarata kelas 65 dengan ketuntasan belajar 54% dan pada siklus II nilai rata-rata kelas
naik menjadi84 dengan ketuntasan mencapai 100%. Pada siklus ke II sudah
memuaskan ,akan tetapi untuk memperkuat penelitian, peneliti juga melakukan
postes pada pasca siklus dengan nilai rata-rata siswa yaitu 98,18 dengan
ketuntasan belajar siswa yang mencapai 100%. Dari sini dapat dibuktikan bahwa
terdapat peningkatan minat belajar siswa yang sangat bagus yang bisa dilihat
dengan meningkatnya hasil belajar siswa
Tidak tersedia versi lain