Text
EFEKTIVITAS TEKNIK COGNIYIVE RESTRUCTURING UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN SISWA SAAT PRESENTASI DI DEPAN KELAS DI MTs AL-MUKHLISIN GALIS PAMEKASAN
ABSTRAK
Luluk Atul Jannah, 2020, Efektivitas Teknik Cognitive Restructuring Untuk
Menurunkan Tingkat Kecemasan Siswa Saat Presentasi Di Depan Kelas Di MTs
Al-Mukhlisin Galis, Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam,
Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, pembimbing :
H.Muhammad Jamaluddin, M.Pd.
Kata Kunci : Teknik Cogntive Restructuring. Kecemasan saat presentasi di
depan kelas.
Penelitian ini dilatar belakangi Teknik Cognitive Restructuring untuk
menurnkan tingkat kecemasan siswa saat presentasi didepan kelas. Teknik ini
sangat cocok digunakan untuk menurunkan tingkat kecemasan siswa karena
dalam teknik Cognitive Restructuring mengubah pola pikir siswa yang negatif
menjadi pola pikir yang lebih positif sehingga dapat mengurangi perasaan cemas
saat presentasi di depan kelas. Adapun rumusan masalah penelitian ini, adalah 1)
Apakah teknik Cognitive Restructuring dapat menurunkan tingkat kecemasan
siswa saat presentasi di depan kelas di MTs Al-Mukhlisin Galis?;2) Apakah ada
perbedaan skor yang signifikan antara sebelum diberikan dan sesudah diberikan
teknik Cognitive Restructuring?
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan mengambil latar
di MTs Al-Mukhlisin Galis. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah
untuk menguji Teknik Cognitive Restructuringdalam menurunkan tingkat
kecemasan siswa saat presentasi di depan kelas di MTs Al-Mukhlisin Galis.
penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimental dengan pre-test dan
post-test yaitu pengukuran awal dan pengukuran akhir. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah angket dan wawancara untuk mengetahui perubahan
tingkat kecemasan siswa saat presentasi di depan kelas setelah diberikan teknik
Cognitive Restructuring. Subjek penelitian sebanyak 6 orang. Teknik analisis data
yang digunakan adalah teknik analisis statistik non parametrik dengan uji jenjang
bertanda wilcoxon.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa; 1) teknik Cognitive Restructuring
dapat menurunkan tingkat kecemasan siswa saat presentasi di depan kelas. 2)
terdapat perbedaan skor tingkat kecemasan siswa antara sebelum dan sesudah
diberikan teknik Cognitive Restructuring. Berdasarkan hasil uji jenjang wilcoxon
diketahui T hitung = 0, N = 6 siswa dengan taraf signifikan 5%, maka T tabel
sebesar 1 yang berarti T hitung lebih kecil T tabel (T hitung≤T tabel) yang berarti Ho
ditolak dan Ha diterima. Hal ini disimpulkan bahwa teknik Cognitive
Restructuring efektif dalam menurunkan tingkat kecemasan siswa saat presentasi
di depan kelas di MTs Al-Mukhlisin.
Tidak tersedia versi lain