Text
STRATEGI GURU IPS DALAM MENINGKATKAN SOLIDARITAS SOSIAL SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPS DI MTS MIFTAHULMULUM BANYUAYU PUTRI PAMOROH KADUR PAMEKASAN
ABSTRAK
Fitriatul Laili, 2020. Strategi Guru IPS dalam Meningkatkan Solidaritas Sosial
Siswa Kelas VIII pada Pembelajaran IPS di MTs. Miftahul Ulum Banyuayu Putri
Pamoroh Kadur Pamekasan. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial,
Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing Siti
Azizah, M.Pd.
Kata Kunci: Strategi, Solidaritas Sosial, Aspek Sosial, Pembelajaran IPS
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui strategi guru IPS dalam
meningkatkan solidaritas sosial siswa kelas VIII pada pembelajaran IPS di MTs.
Miftahul Ulum Banyuayu Putri Pamoroh Kadur Pamekasan; (2) Untuk
Mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru IPS dalam meningkatkan
solidaritas sosial siswa kelas VIII pada pembelajaran IPS di MTs. Miftahul Ulum
Banyuayu Putri Pamoroh Kadur Pamekasan; dan (3) Untuk Mengetahui dampak
dari penerapan strategi guru IPS dalam meningkatkan solidaritas sosial siswa
kelas VIII pada pembelajaran IPS di MTs. Miftahul Ulum Banyuayu Putri
Pamoroh Kadur Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
fenomenologis. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti yakni berupa sumber
data primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan
cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini ialah guru
IPS, dan siswa. Analisis data yang dilakukan oleh peneliti meliputi reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data ialah
dengan memperpanjang pengamatan dan triangulasi data.
Hasil dari penelitian ini ialah (1) Strategi yang dilakukan guru IPS ialah
mengintegrasikan materi pelajaran IPS dengan kehidupan sosial, mengadakan
kerja kelompok, dan nasehat oleh guru IPS; (2) Faktor pendukungnya adalah
kompetensi guru IPS, motivasi siswa, tata tertib sekolah, dan korelasi antara
sekolah dengan pesantren. Sedangkan faktor penghambatnya adalah perbedaan
karakter antar siswa dan pengaruh teman; (3) Dampak yang diperoleh siswa ialah
munculnya perubahan yang lebih baik yaitu terjalinnya kerja sama antar siswa,
sikap individualitas rendah, sikap peduli terhadap sesama dan lingkungan.
Tidak tersedia versi lain