Text
STRATEGI PEMBINAAN AKHLAQUL KARIMAH SISWA KELAS III DI SDN LARANGAN BADUNG 4 PALENGAAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Maimunatus Sholehah, 2020, Strategi Pembinaan Akhlaqul Karimah Siswa Kelas
III di SDN Larangan Badung 4 Paengaan Pamekasan, Skripsi, Program Studi
PGMI, Fakulta Tarbiyah, IAIN MADURA Pamekasan, Pembimbing: Mohammad
Hefni, M.Si
Kata Kunci: Strategi, Pembinaan Akhlaqul Karimah, Siswa
Strategi pembinaan akhlaqul karimah siswa merupakan suatu tindakan
yang dilakukan untuk memelihara dan menumbuhkan budi pekerti, sikap, sopan
santun yang baik kepada peserta didik. Oleh karena itu, strategi pembinaan
dilakukan untuk membentuk karakter siswa dari pembiasaan-pembiasaan yang
dilakukan setiap hari untuk membiasakan peserta didik agar bersikap sopan dan
santun.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi
pokok dalam penelitian, yaitu: pertama, bagaimana strategi pembinaan akhlaqul
karimah siswa kelas III di SDN Larangan Badung 4 Palengaan Pamekasan, kedua,
apa saja faktor pendukung dan penghambat pembinaan akhlaqul karimah siswa
kelas III di SDN Larangan Badung 4 Palengaan Pamekasan, ketiga, bagaimana
upaya yang dilakukan dalam menanggulangi kendala strategi pembinaan akhlaqul
karimah siswa kelas III di SDN Larangan Badung 4 Palengaan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan
keikutsertaan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi pembinaan
akhlaqul karimah siswa kelas III yakni dengan adanya pembiasaan di sekolah
dengan mengadakan kegiatan sholat dhuha berjamaah, membaca surat-surat
pendek dan membaca surah yasin sebelum pelajaran dimulai. Kedua, faktor
pendukung dan penghambat strategi pembinaan akhlaqul karimah siswa yaitu dari
beberapa hal. Untuk faktor pendukung tidak dari adanya buku dan pembelajaran
agama dan budi pekerti, penekanan dari al-qur’an. Sedangkan faktor
penghambatnya ialah lingkungan dan keluarga. Ketiga,upaya yang dilakukan
dalam menanggulangi kendala strategi pembinaan akhlaqul karimah siswa yakni
dengan cara mengikuti pelatihan al-banjari dan kegiatan pramuka yang diadakan
setiap hari jum’at.
Tidak tersedia versi lain