Text
PELAKSANAAN MUSIK TERAPI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN INTERPERSONAL ANAK AUTIS DI SDLBN BUGIH PAMEKASAN
ABSTRAK
Riska Veniyanti, 2020, Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling Untuk Menangani Siswa Hedonisme di SMAN 2 Sampang, Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Moh. Muchlis Solichin, M. Ag.
Kata Kunci: Hedonisme, Penanganan, dan Layanan BK
Penelitian ini di latar belakangi oleh perilaku hedonisme siswa di SMAN 2 Sampang. Ada tiga fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana gambaran gaya hidup siswa di SMAN 2 Sampang yang mengarah pada masalah hedonisme 2) Faktor apa saja yang mempengaruhi gaya hidup hedonisme pada siswa di SMAN 2 Sampang 3)Layanan BK apa saja yang diberikan oleh guru BK kepada siwa khususnya untuk menangani masalah hedonisme di SMAN 2 Sampang. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman dan evaluasi terhadap guru BK agar dapat menangani masalah hedonisme siswa.
Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengambil latar di SMAN 2 Sampang. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Aktifitas dalam analisis data penelitian meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan/ verifikasi. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data peneliti melakukannya berdasarkan derajat kepercayaan yang meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian di SMAN 2 Sampang menunjukkan bahwa terlihat gejala-gejala hedonisme yang terlihat pada beberapa siswa. Contohnya adalah sering nongkrong di kafe dengan temannya, merayakan ulang tahun dengan menyewa tempat makan terkenal di area kota sampang, shopping di mall luar kota sampang seperti Surabaya.
Tidak tersedia versi lain