Text
PELAKSANAAN LAYANAN BIMBING KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI LISAN PADA SISWA KELAS VII MTS AN-NAJAH 1 KARDULUK PRAGAAN SUMENEP
ABSTRAK
Maisunah, 2020, Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan
Komunikasi Lisan Dengan Menggunakan Metode Sosiodrama Pada Siswa Kelas VII MTs. AnNajah I Karduluk Pragaan Sumenep, Skripsi, Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan
Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Pembimbing: H.
Abbadi Ishomuddin MA.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Komunikasi Lisan, Metode Sosiodrama
Sifat manusia untuk menyampaikan keinginannya dan untuk mengetahui hasrat orang
lain, merupakan awal keterampilan manusia berkomunikasi secara otomatis melalui lambanglambang isyarat, kemudian di susul dengan kemampuan untuk memberi arti setiap lambanglambang itu dalam bentuk bahasa verbalakan tetapi banyak siswa yang memiliki masalah
dengan komunikasi lisannya, hal ini dapat di temukan di lingkungan sekolah mereka, sedang
guru BK di sekolah tersebut kurang memperhatikan masalah yang dialami oleh siswa berkaitan
dengan komunikasi lisannya. Salah satunya yakni siswa kelas VII di MTs. An-Najah I yang
memiliki komunikasi yang rendah. Maka dari itu diperlukan layanan bimbingan dan konseling
dari peneliti dibantu oleh guru BK. Layanan ini berupa layanan bimbingan kelompok dengan
menggunakan metode sosiodrama. Dengan metode ini siswa di latih untuk bisa meningkatkan
komunikasi lisannya agar dapat mencapai perubahan yang lebih baik dalam mencapai tujuan
belajarnya.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini yakni: Pertama Bagaimana penerapan layanan bimbingan kelompok
dalam meningkatkan komunikasi lisan dengan menggunakan metode sosiodrama pada siswa
kelas VII MTs. An-najah I karduluk pragaan sumenep, kedua apa saja faktor pendukung dan
penghambat dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan
komunikasi siswa dengan menggunakan metode sosiodrama pada siswa kelas VII MTs. AnNajah I karduluk pragaan sumenep.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Dan Konseling. Penelitian ini
dilaksanakan di MTs. An-Najah I karduluk pragaan sumenep dengan subyek penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VII sebanyak 20 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan
dengan 2 siklus dan setiap siklus 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah
statistik deskriptif yaitu dengan mencari rata-rata dan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik sosiodrama dapat meningkatkan
kemampuan komunikasi lisan siswa kelas VII MTs An-Najah I. Peningkatan kemampuan
komunikasi lisan sebelum tindakan sebesar 46.6. Pada siklus I diperoleh skor rata-rata sebesar
76.09, terjadi peningkatan skor sebesar 29.49. Pada Siklus II diperoleh skor rata-rata 88.40,
terjadi peningkatan skor sebesar 12.31 dari siklus I. Sehingga dapat diperoleh peningkatan skor
sebesar 41.8 dari pra tindakan hingga siklus II. Hal tersebut menunjukkan bahwa peningkatan
kemampuan komunikasi lisan selalu meningkat pada setiap siklus.
Faktor pendukung dari pelaksanaan Layanan bimbingan kelompok dalam
meningkatkan komunikasi lisan dengan menggunakan metode sosiodrama pada siswa kelas
VII MTs An-Najah I karduluk pragaan sumenep yaitu suasana kelas yang kondusif, siswa
antusias dan bersemangat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya alat-alat
Tidak tersedia versi lain