Text
PENGARUH KUALITAS JASA DAN CUSTOMER VALUE TERHADAP KEPUASAN NASABAH TABUNGAN BAROKAH DI BPRS BHAKTI SUMEKAR CABANG BANDARAN
ABSTRAK
Maulidina Alifa, 2020 “Pengaruh Kualitas Jasa dan Customer Value Terhadap
Kepuasan Nasabah Tabungan Barokah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang
Bandaran”. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing :
Fatati Nuryana, M.si
Kata Kunci: Kualitas Jasa, Customer Value, Kepuasan Nasabah
BPRS Bhakti Sumekar Cabang Bandaran merupakan salah satu lembaga
keuangan yang berbasis syariah dan mampu bersaing dengan memberikan kualitas
pelayanan terbaik dan customer value pada nasabahnya. Banyaknya nasabah
produk tabungan barokah BPRS Bhakti Sumekar Cabang Bandaran merupakan
bukti bahwa BPRS ini adalah lembaga keuangan yang mampu memberikan
kebutuhan nasabah. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat tiga tujuan yang
ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: pertama, menganalisis pengaruh
kualitas jasa terhadap kepuasan nasabah tabungan barokah di BPRS Bhakti
Sumekar Cabang Bandaran. Kedua, menganalisis pengaruh customer value
terhadap kepuasan nasabah tabungan di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Bandaran.
Ketiga, menganalisis pengaruh kualitas jasa dan customer value terhadap
kepuasan nasabah tabungan di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Bandaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis kausal.
analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, dengan bantuan alat
analisis SPSS versi 20. Populasi dalam penelitian ini yaitu nasabah tabungan
barokah di BPRS Bhakti Sumekar. Jumlah pengambilan sampel dalam penelitian
ini menggunakan Insidental Sampling. Pengambilan sampel ditentukan dengan
rumus Lameshow dengan jumlah responden 100. Dan instrumen yang digunakan
dalam pengumpulan data ini yaitu kuesiner (angket).
Dari hasil olah data menggunakan SPSS 20, diperoleh hasil yaitu:
pertama, kualitas jasa tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah tabungan
barokah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Bandaran dengan Thitung 0,034 < Ttabel
1,98472 atau taraf signifikan 0,973 < 0,05. Kedua, Customer Value berpengaruh
terhadap kepuasan nasabah tabungan barokah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang
Bandaran dengan nilai Thitung 2,0202 > Ttabel 1,98472 atau taraf signifikan 0,046 <
0,05. Ketiga, Kualitas Jasa dan Customer Value terdapat pengaruh secara
simultan (bersama-sama) terhadap kepuasan nasabah di BPRS Bhakti Sumekar
Cabang Bandaran. Dari hasil uji simultan (uji F) memperoleh nilai Fhitung 4,326 >
Ftabel 3,09 dengan taraf signifikan 0,016 < 0,05.
Tidak tersedia versi lain