Text
PERILAKU NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK GADAI EMAS SYARIAH DI BMT UGT SIDOGIRI CABANG PEMBANTU TLANAKAN
ABSTRAK
Faizatul Hasanah, 2020, Perilaku Nasabah Dalam Memilih Produk Gadai Emas
Syariah Di BMT UGT Sidogiri Capem Tlanakan, Skripsi, Program Studi Perbankan
Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H.
Rudy Haryanto, SST, MM.
Kata Kunci: Perilaku nasabah, Memilih Produk , dan BMT UGT Sidogiri.
Produk Gadai Emas Syariah merupakan salah satu produk BMT UGT Sidogiri
Capem Tlanakan yang diminati oleh banyak nasabah. Produk Gadai Emas Syariah
merupakan salah satu produk berbasis syariah yang ditawarkan untuk memberikan
jaminan sesuai dengan anjuran islam dan terlepas dari hukum riba. Perilaku nasabah
menjadi penting untuk diketahui BMT UGT Sidogiri sebagai alat untuk menciptakan
Strategi yang efektif dan efisien untuk menawarkar produk-produk berbasis syariah.
Berdasarkan pernyataan di atas, maka terdapat dua permasalahan yang
menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana perilaku
nasabah dalam memilih produk gadai emas syariah pada BMT UGT Sidogiri Cabang
Pembantu Tlanakan; Kedua, Faktor apa saja yang mempengaruhi nasabah dalam
memilih produk gadai emas syariah di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu
Tlanakan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Informas atau narasumber dalam penelitian ini adalah
Kepala BMT UGT Sidogiri Capem Tlanakan, karyawan BMT UGT Sidogiri Capem
Tlanakan, serta nasabah gadai emas syariah BMT UGT Sidogiri Capem Tlanakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Perilaku nasabah gadai emas syariah
BMT UGT Sidogiri Capem Tlanakan merupakan perilaku nasabah yang bersifat
rasional. Hal ini dikarenakan nasabah gadai emas syariah BMT UGT Sidogiri Capem
Tlanakan dalam memilih produk didasari oleh kebutuhan, kegunaan, kualitas yang
baik, relevansi, dan memiliki nilai beli yang sesuai dengan pendapatan masyarakat.
Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih produk
pembiyaan gadai emas syariah BMT UGT Sidogiri Capem Tlanakan yakni: Faktor
motivasi, faktor Pengolahan informasi dan Persepsi, faktor Pemberlajaran, faktor
Pengetahuan, faktor Agama, dan faktor Keluarga.
Tidak tersedia versi lain