Text
PENERAPAN STRATEGI MERKETING DALAM PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA TOKO SUMBER REZEKI JALAN KANGINAN KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Rofiqah, 2020, Penerapan Strategi Marketing dalam Meningkatkan Volume
Penjualan Pada Toko Sumber Rezeki Jalan Kanginan Kabupaten Pamekasan,
Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam,
Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing Fatati Nuryana, M,Si.
Kata Kunci : Strategi Marketing, Volume Penjualan
Strategi marketing adalah proses perencanaan pada sebuah bisnis usaha
dalam memasarkan dan memperkenalkan produk yang akan ditawarkan kepada
konsumen untuk mencapai suatu tujuan dengan segala risiko yang akan dihadapi
demi meningkatkan penjualan. Sebelum melakukan kegiatan marketingnya,
pemilik usaha bisnis terlebih dahulu menyusun perumusan strategi marketing
yaitu segmentasi, targeting dan positioning. Pemilik usaha bisnis mempunyai
tujuan untuk meningkatkan volume penjualan yang menguntungkan atau dapat
menghasilkan pendapatan secara optimal dan meningkatkan laba. Volume
penjualan merupakan ukuran yang menunjukkan banyaknya atau besarnya jumlah
barang yang terjual.
Penelitian ini terdapat tiga hal yang menjadi permasalahan yaitu: Pertama,
Bagaimana Strategi segmentasi, targeting dan positioning yang di terapkan Toko
Sumber Rezeki dalam meningkatkan volume penjualan. Kedua, bagaimana
dampak strategi yang digunakan Toko Sumber Rezeki. Ketiga, Apa saja kekuatan,
kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi Toko Sumber Rezeki.
Penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data untuk
menjawab permasalahan tersebut, yaitu metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Data-data yang terkumpul berupa data primer yang didapat
penulis dengan mendatangi langsung objek penelitian untuk memperoleh data dan
infromasi secara langsung dan data sekunder yang diperoleh dari observasi dan
dokumentasi serta dari buku, jurnal, artikel dan media lainnya, kemudian
dianalisis untuk mengambil kesimpulannya.
Hasil penelitian yang diperoleh peneliti adalah 1) Segmentasi pasar Toko
Sumber Rezeki yang dipilih termasuk pada golongan segmentasi demografis;
Targeting Toko Sumber Rezeki para orang dewasa pria maupun wanita dan
masyarakat di sekitar toko; Positioning Toko Sumber Rezeki dengan memberi izin
bagi para pelanggan untuk memilih sendiri produk apa yang mereka inginkan. 2)
Strategi yang digunakan Toko Sumber Rezeki menggunakan dua strategi yaitu
strategi potongan harga dan strategi memberikan keringanan pembayaran (utang).
3) Kekuatan yang dimiliki Toko Sumber Rezeki yaitu melayani perbaikan barang
elektronik yang rusak; Kelemahan yang dimiliki Toko Sumber Rezeki yaitu tidak
memiliki ruang yang terlalu luas dan fasilitas toko yang kurang memadai; Peluang
dari Toko Sumber Rezeki yaitu lokasi toko mudah dicari pelanggan; Ancaman
bagi Toko Sumber rezeki yaitu waktu penjualan pada toko pesaing lebih lama dari
waktu pejualan Toko Sumber Rezeki.
Tidak tersedia versi lain