Text
PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS DI KSPP. SYARIAH BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) NU JAWA TIMUR CABANG LARANGAN
ABSTRAK
Maufiroh Amsuri, 2020, Penerapan Strategi Komunikasi Bisnis di Koperasi
Syariah Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) NU Jawa Timur Cabang Larangan,
Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam,
Pembimbing: Fatati Nuryana, M.Si.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi Bisnis
Strategi Komunikasi bisnis adalah strategi komunikasi yang digunakan
dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik
komunikasi verbal maupun komunikasi non verbal untuk mencapai tujuan
tertentu. Komunikasi verbal merupakan salah satu bentuk komunikasi yang lazim
digunakan dalam dunia bisnis untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada
pihak lain baik secara tertulis maupun lisan. Komunikasi non verbal menurut teori
antropologi, sebelum manusia menggunakan kata-kata, mereka telah
menggunakan gerakan-gerakan tubuh, bahasa tubuh, sebagai alat untuk
berkomunikasi dengan orang lain. Contohnya menggertakkan gigi untuk
menunjukkan kemarahan, menggerutkan dahi untuk menunjukkan sedang berpikir
keras. Seorang komunikator dalam dunia bisnis yang baik harus memiliki
kemampuan berkomunikasi yang baik, juga harus mampu menggunakan berbagai
macam alat atau media komunikasi yang ada untuk menyampaikan pesan-pesan
bisnis kepada pihak lain secara efektif dan efisien, sehingga tujuan penyampaian
dapat tercapai pesan-pesan bisnis.
Fokus dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi komunikasi yang
diterapkan oleh BMT NU Cabang Larangan, Peluang dan ancaman dalam
menerapkan strategi komunikasi bisnis di BMT NU Cabang Larangan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan
wawancara. Informannya adalah kepala cabang, karyawan, dan nasabah BMT NU
Cabang Larangan.
Hasil penelitian ini menunjukkan, pertama bentuk strategi komunikasi
yang diterapkan di BMT NU Cabang Larangan alat elektronik berupa handphone
yang merupakan alat komunikasi yang banyak digunakan oleh seluruh kalangan
masyarakat, dan handphone juga merupakan alat komunikasi yang paling efektif.
Brosur juga merupakan alat komunikasi yang cukup baik dan efektif, perancangan
desain brosurdapat membantu pihak BMT NU Cabang Larangan untuk
memasarkan produk dan jasa yang dimilikinya agar dapat diketahui oleh
masyarakat luas. Banner digunakan sebagai media publikasi dan promosi suatu
produk BMT NU Cabang Larangan yang berperan penting dalam strategi
komunikasi karena mudah untuk dibaca oleh masyarakat luas. Stiker sering kali
digunakan sebagai salah satu dari sekian banyak media komunikasi, dengan stiker
dapat mengkomunikasikan citra perusahaan, himbawan dan juga foto lembaga.
Dengan adanya alat komunikasi tersebut tentu sangat menunjang keberhasilan
suatu lembaga, seperti halnya BMT NU Cabang Larangan. Kedua peluang dari
strategi komunikasi bisnis di BMT NU Cabang Larangan yaitu, pemimpin BMT
NU Cabang Larangan dapat meningkatkan loyalitas, pemimpin BMT NU Cabang
Larangan dapat meningkatkan kreatifitas, pemimpin BMT NU Cabang Larangan
dapat meningkatkan partisipasi karyawan. Ancaman dri strategi komunikasi bisnis
di BMT NU Cabang Larangan yaitu, adanya perbedaan sifat dari setiap karyawan
menyebabkan setiap orang menanggapi masalah dengan cara yang berbeda,
adanya perbedaan karakter dari setiap karyawan dapat berdampak pada
menurunnya sistem komunikasi bisnis.
Tidak tersedia versi lain