Text
IMPLEMENTASI STRATEGI PROMOSI PRODUK TABUNGAN LEMBAGA PEDULI SISWA PADA BMT UGT SIDOGIRI CABANG PAMEKASAN
ABSTRAK
Moh Ervani Al Fajri Az, 2020, Implementasi Strategi Promosi Produk Tabungan
Lembaga Peduli Siswa pada BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan, Skripsi,
Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN
Madura, Pembimbing: Dr. H. Rudy Haryanto, SST, MM.
Kata Kunci: Strategi Promosi, Produk Tabungan Lembaga Peduli Siswa.
Lembaga keuangan syariah seperti Baitul Mal Wattamwil dalam
operasionalnya memerlukan dana. Funding dan lending menjadi fungsi utama dalam
menjalakan operasionalnya. BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan memilki produk
unggulan yaitu tabungan lembaga peduli siswa yang merupakan produk untuk
diperuntukkan bagi lembaga pendidikan untuk mengimpun dana tabungan siswa.
Produk ini menggunakan akad mudharabah mustarakah al mutlaqoh. Mekanisme
dari produk ini anggota atau lembaga sekolah yang bergabung di tabungan lembaga
peduli siswa tidak direpotkan bagi pengurus lembaga tidak disibukkan urusan
keuangan terutama pada saat pembagian tabungan siswa di akhir tahun pendidikan.
Karena pihak BMT sudah menyediakan. Strategi promosi sangat diperlukan oleh
BMT untuk mengenalkan atau memasarkan ke masyarakat luas khusunya di lembaga
sekolah. Dengan Cara strategi promosi haruslah efektif dan menarik dalam
memberikan informasi agar masyarakat tertarik dan berkenan bergabung.
Penelitian ini memfokuskan pada strategi promosi, faktor pendukung dan
faktor penghambat promosi yang digunakan oleh BMT UGT Sidogiri Cabang
Pamekasan. Kareana strategi promos yangi efektif akan berdampak terhadap
bertambahnya anggota atau lembaga sekolah yang ingin bergabung di produk
simpaan (tabungan lembaga peduli siswa).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Teknik pengumpulan data, akan tetapi menggunakan wawancara tidak
tersruktur, observasi, non-partisipan, dan dokumentasi. Informan penelitian yaitu
kepala bagian simpanan, karyawan bagian simpanan, kepala bagian legal remidial,.
Proses pengumpulan data mengambil dari wawancara karyawan, teori di buku dan
data anggota pada server BMT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1). strategi promosi yang digunakan
oleh BMT yaitu periklanan, penjualan pribadi, publisitas, dan promosi penjualan. 2).
Faktor penghambat dari strategi promosi produk ini adalah kompetitor/pesaing,
ketentuan nominal yang boleh bundling produk terbilang tinggi, dan belum ada iklan
di televisi. Sedangkan faktor pendukungnya adalah adanya bonus bagi karyawan yang
mampu membawa anggota baru, pelayanan karyawan yang baik, dan akses kantor
yang terbilang mudah.
Tidak tersedia versi lain