Text
PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BPRS BHAKTI SUMEKAR KC PAMEKASAN
ABSTRAK
Lindasari, 2020, Pengaruh Customer Relationship Management Dan Kualitas
Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah di BPRS Bhakti Sumekar KC
Pamekasan,Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi
Dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: H. Mohammad Bashri
Asyari, MA.
Kata Kunci : CRM, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah
Perkembangan jumlah perbankan syariah di Indonesia, akan berdampak
pada tingkat persaingan yang semakin ketat. Persaingan yang ketat membuat
setiap bank harus membangun strategi pemasaran yang baik agar mampu bersaing
dan unggul dibandingkan dengan bank lain. Oleh sebab itu, perhatian besar
terhadap kepuasan nasabah sebagai alat bersaing sangat penting karena nasabah
yang terpuaskan cenderung akan setia terhadap perusahaan tersebut. Tujuan dalam
penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui bagaimana pengaruh Customer
Relationship Management dan kualitas pelayanan terhadap Kepuasan nasabah
baik secara parsial maupun simultan di BPRS Bhakti Sumekar KC Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis kuantitatif
korelasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan teknik
pengambilan sampel Purposive Sampling. Setelah data terkumpul, metode yang
analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liniear berganda dengan
bantuan SPSS versi 24 untuk mengetahui pengaruh variabel independen yang
meliputi Customer Relationship Management (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2)
terhadap variabel dependen yaitu Kepuasan Nasabah.
Hasil perhitungan secara simultan diperoleh nilai Fhitung 35,487 > Ftabel 2,36
dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,1. Hal ini berarti Customer Relationship
Management dan Kualitas Pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap
kepuasan nasabah di BPRS Bhakti Sumekar KC Pamekasan. Berdasarkan hasil uji
t variabel Customer Relationship Management secara parsial berpengaruh hal ini
ditunjukkan dari nilai thitung 5,772 > ttabel 1,66055 dengan taraf signifikan 0,000 <
0,1. Begitu juga dengan kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial hal ini
ditunjukkan dengan nilai thitung 6,923 > ttabel 1,6605 dengan taraf signifikan 0,000 <
0,1.
Tidak tersedia versi lain