Text
PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MI DARUL ULUM AL-DJAUHARI DI TAMPOJUNG TENGGINAH WARU PAMEKASAN
ABSTRAK
ISMIL LAILI, 2019, Penggunaan Media Visual Dalam Pembelajaran Tematik
Kelas IV Di MI Darul Ulum Al-Djauhari Tampojung Tengginah Waru
Pamekasan, program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah (PGMI), fakultas
tarbiyah, IAIN Maddura, pembimbing: Drs. H. Zainol Hasan, M.Ag.
Kata Kunci : Media Visual, Pembelajaran Tematik
Media visual adalah media yang melibatkan indera penglihatan titik.
Terdapat dua jenis pesan yang dimuat dalam media visual. Pada skripsi ini ada
tiga fokus penelitian, yaitu pertama, bagaimana penggunaan media visual dalam
pembelajaran tematik di kelas IV di MI Darul Ulum Al- Djauhari Tampojung
Tengginah Waru Pamekasan. Kedua, respon siswa terhadap penggunaan media
visual dalam pembelajaran tematik kelas IV di MI Darul Ulum Al- Djauhari
Tampojung Tengginah Waru Pamekasan. Ketiga, Apa saja faktor pendukung dan
penghambat Guru dalam penggunaan media visual dalam pembelajaran tematik
kelas IV di MI Darul Ulum Al- Djauhari Tampojung Tengginah Waru
Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Lokasi penelitian MI Darul Ulum Al-Djauhari tampojung tengginah waru
pamekasan, sumber data menggunakan data primer, Prosedur pengumpulan data
melalui wawancara tidak terstruktur, observasi non-partisipan dan dokumentasi.
Informannya adalah kepala MI, guru kelas IVdi MI Darul Ulum Al- Djauhari
Tampojung Tengginah Waru Pamekasan. sedangkan pengecekan keabsahan data
dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi
sumber. Tahap penelitian melalui tahap pra penelitian, proses penelitian,
penyusunan laporan
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) bagaimana penggunaan media
visual dalam pembelajaran tematik di kelas IV di MI Darul Ulum Al- Djauhari
Tampojung Tengginah Waru Pamekasan. Pertama. pada tahap perencanaan yang
meliputi merumuskan tujuan pembelajaran, menyusun langkah-langkah kegiatan
pembelajaran, merencanakan media yang akan digunakan sesuai dengan tujuan
pembelajaran dan materi pembelajaran, menyusun evaluasi yang akan digunakan,
kedua, pada tahap pelaksanaan media visual yang digunakan oleh guru sesuai
dengan langkah-langkah penggunaan efektif media visual yaitu sesuai RPP dan
menentukan dengan tepat media yang digunakan dalam proses pembelajaran,
media visual yang digunakan guru sudah cukup jelas untuk dilihat dan mudah
dipahami oleh peserta didik dan media visual yang digunakan sudah sesuai
dengan materi pelajaran, media visual yang digunakan diantaranya media papan
tulis, media gambar, media kertas kartun. 2) respon siswa terhadap penggunaan
media visual dalam pembelajaran tematik kelas IV di MI Darul Ulum Al- Djauhari Tampojung Tengginah Waru Pamekasan. Merasa senang dan lebih
mudah memahami materi pembelajaran sehingga dapat mudah memahami 3) Apa
saja faktor pendukung dan penghambat Guru dalam penggunaan media visual
dalam pembelajaran tematik kelas IV di MI Darul Ulum Al- Djauhari Tampojung
Tengginah Waru Pamekasan. memberikan gambar yang unik kepada siswanya,
sedangkan yang menghambat dalam penggunaan media visual ialah proyektor dan
speaker laptop.
Tidak tersedia versi lain