Text
KOMPETENSI AMIL ZAKAT DALAM MEMBERDAYAKAN DAN MENINGKATKAN PEREKONOMIAN UMAT (studi pada lembaga amil zakat sidogiri cabang pamekasan)
ABSTRAK
Faiqotul Maufiroh, 2019, Kompetensi Amil Zakat dalam Memberdayakan dan
Meningkatkan Perekonomian Umat (Studi Pada Lembaga Amil Zakat
Sidogiri Cabang Pamekasan), Skripsi, Program Studi HES, Jurusan
Syariah, IAIN Madura, Pembimbing: H. Abd. Wahed, M.HI.
Kata Kunci: Kompetensi Amil, Memberdayakan, Perekonomian
Amil adalah orang yang bertugas mengumpulkan, menyimpan,
dan mendistribusikan zakat kepada mustahik. Perannya sangat strategis bahkan
dapat dikatakan penentu keberhasilan terealisasinya manfaat zakat untuk
kemaslahatan hidup umat melalui meningkatkan perekonomian. Karenanya
diperlukan amil yang professional, kompeten, memiliki keahlian yang
mumpuni dibidang zakat. Akan tetapi, faktanya kehadiran amil belum
memberikan dampak yang besar terhadap perekonomian. Pengelolaan zakat
masih dominan dikelola secara tradisional, dan amil dianggap sebagai
pekerjaan kedermawanan yang tidak memiliki keistimewaan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini yaitu; pertama, tentang pengelolaan dan distribusi
zakat di Lembaga Amil Zakat Sidogiri Cabang Pamekasan dalam memberdayakan
dan meningkatkan perekonomian umat. Kedua, kendala yang dihadapi Lembaga
Amil Zakat Sidogiri Cabang Pamekasan dalam usaha menuju profesionalisme
pengelolaan. Ketiga, tentang cara meningkatkan skill amil Lembaga Amil Zakat
Sidogiri Cabang Pamekasan dalam memberdayakan dan meningkatkan
perekonomian umat.
Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah kualitatif dengan
jenis penelitian field research. Adapun sumber data bersumber dari data
primer yang diperoleh dari hasil wawancara langsung, data sekunder yang
berupa informasi tertulis dari literatur dan data tersier yang berupa informasi
dari website atau internet sebagai penunjang. Pengumpulan data melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; pertama, amil LAZ Sidogiri
Cabang Pamekasan mengelola zakat kepada dua program; konsumtif dan
produktif. Porsi produktif yang tertuang pada perencanaan adalah sebanyak 20%,
sehingga hasilnya masih belum maksimal. Kedua, kendala yang ada di LAZ
Sidogiri Cabang Pamekasan adalah minimnya amil yang bergabung dan
minimnya keterampilan yang dimiliki oleh amil, sehingga tidak dapat
memberikan pendampingan yang rutin dan optimal kepada mustahik
zakat produktif. Ketiga, cara untuk menumbuhkan pengetahuan baru
tentang pengelolaan zakat, LAZ Sidogiri Pusat mengadakan pertemuan yang
diadakan setiap tiga bulan sekali yang bertempat di kantor pusat LAZ
Sidogiri guna tercapainya peran maksimal dalam meningkatkan perekonomian.
Tidak tersedia versi lain