Text
PERILAKU PENJUAL PASAR MODERN DAN PASAR TRADISIONAL DI KECAMATAN PERAGAAN KABUPATEN SUMENEP DALAM TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM
ABSTRAK
Khairun Nikmah, 2020, Perilaku Penjual Pasar Modern dan Pasar Tradisional di
Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep dalam Tinjauan Etika Bisnis Islam,
Skripsi, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, IAIN
Madura, Pembimbing : H. Hosen, M.HI.
Kata Kunci : Pasar Modern, Pasar Tradisional, Perilaku Penjual, Etika Bisnis
Islam
Pasar modern dan pasar tradisional sangat kuat sehingga selalu terjadi
pro-kontra antara pelaku bisnis. Dalam aktivitas didalam pasar kebanyakan
konsumen yang melihat perilaku penjual disaat melayani konsumen dan cara
untuk menarik konsumen, karena dalam kehidupan sehari-hari, seringkali di
terdengar tiga istilah yang sangat populer dan populis sekali, yakni akhlak, moral,
dan etika.
Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini,
yaitu: pertama, Bagaimana Perilaku penjual Pasar Modern dan Pasar Tradisional
di Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep, Kedua, Apa faktor yang
mempengaruhi perbedaan perilaku antara penjual pasar tradisional dengan penjual
pasar modern, Ketiga, Bagaimana Perilaku penjual Pasar Modern dan Pasar
Tradisional dalam Tinjauan Etika Bisnis Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
fenomenologi. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Jenis wawancara yang digunakan adalah wawancara semi struktur.
Informannya adalah kepada Pasar modern, pasar tradisional di Desa Prenduan
Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep, konsumen dan kiai.
Hasil penelitian yaitu: pertama, Perilaku Penjual Pasar Modern dan Pasar
Tradisional di Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep, di pasar modern yaitu di
Alfamart memperlakukan konsumen dengan mengikuti SOP, jik ada perbedaan
harga konsumen di beri harga yang murah kalau di Setia memperlakukan
konsumen dengan baik dan ramah, jika ada ketidak samaan harga maka diberikan
harga di komputer, di swalayan NU memeprlakukan konsumen dengan baik dan
ramah, tidak menggunakan label harga. Jika di pasar tradisional ini perilaku
penjualnya tidak sopan dan ramah ketika ada konsumen yang melakukan tawar
menawar. Kedua, Faktor yang Mempunyai Perbedaan Perilaku antara Pasar
Modern dengan Pasar Tradisional, perilaku pasar modern di Alfamart
menggunakan Aplikasi WA grup Aplikasi Alfagift yang berisikan promosipromosi, di Setia menggunakan sistem hutang piutang yang membelanjaan secara
grosir dan mempermudah seseorang ketika kifayah. Kalau di pasar tradisional
sangatlah berbeda dari segi sikap, harga bisa melakukan tawar menarwar. Ketiga,
Perilaku penjual Pasar Modern dan Pasar Tradisional dalam Tinjauan Etika Bisnis
Islam, perilaku penjual di pasar modern sesuai dengan etika bisnis Islam dan
perilaku penjual pasar tradisional tidak sesuai dengan etika bisnis Islam, Karena
kebanyakan penjual yang berada di pasar tradisional mengambil keuntungan
banyak dan tidak bisa memperlakukan konsumen dengan cara yang baik ketika
melakukan tawar menawar.
Tidak tersedia versi lain