Text
IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA VISUAL UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS II DI SDN BARURAMBAT KOTA 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Mohammad Taufik, 2020, Implementasi Penggunaan Media Visual Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Kelas II di SDN Barurambat Kota 1 Pamekasan, Skripsi, Program Studi PGMI, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura Pembimbing ; Muliatul Maghfiroh, M.Pd.I.
Kata kunci: Media Visual, Minat Belajar.
Dalam kegiatan belajar-mengajar anak adalah sebagai subjek dan sebagai objek dari kegiatan pengajaran. Karena itu, inti proses pengajaran tidak lain adalah kegiatan belajar anak didik dalam mencapai suatu tujuan. Tujuan pengajaran tentu saja akan dapat tercapai jika anak didik berusaha secara aktif untuk belajar. Dari konteks implementasi penggunaan media visual ini merupakan implementasi yang baik terhadap penumbuhan minat belajar siswa saat ini.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Yaitu,
Pertama, Bagaimana langkah-langkah penggunaan media visual untuk menumbuhkan minat belajar siswa kelas II di SDN Barurambat Kota I Pamekasan. Kedua, Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi pada penerapan penggunaan media visual untuk menumbuhkan minat belajar siswa kelas II di SDN Barurambat Kota I Pamekasan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah guru, siswa SDN Barurambat Kota 1 pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data di lakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan analisis kasus negatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama, langkah- langkah yang digunakan pada penggunaan media pembelajaran visual untuk menumbuhkan minat belajar siswa kelas II di SDN Barurambat Kota 1 Pamekasan ialah, Membuat Rencana pembelajaran, menentukan media yang akan diguanakan, mempelajari bahan atau materi yang akan disampaikan, menyiapkan media yang akan digunakan, dan menjelaskan tujuan yang ingin dicapai. Kedua, faktor yang menjadi pendukung dalam penggunaan media visual untuk menumbuhkan minat belajar siswa kelas II di SDN Barurambat Kota 1 Pamekasan yaitu, media visual dapat membantu keefektifitasan pada pencapaian tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, media visual juga dapat memperkuat ingatan siswa, penggunaan media visual dapat memberikan kesemangatan pada siswa dalam proses belajarnya, serta dari penggunaan media visual pada pembelajaran dapat menumbuhkan atau membangkitkan minat baru dari diri siswa, dan siswa bisa antusias pada pembelajaran. Namun disamping ada faktor pendukung pada penggunaannya ternyata masih ada faktor penghambat pada pegunaannya yaitu, tidak semua pembelajaran itu dapat menggunakan media visual, dikarenakan tidak semua lembaga dapat menyediakan media visual, serta masih sering membuat siswa itu kebingungan tentunya jika tidak dijelaskan sebelumnya, dan tidak bisa dijangkau dalam ruang besar.
Tidak tersedia versi lain