Text
PENINGKATAN MOTIVAS BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DI SEKOLAH DASAR PLUS NURUL HIKMAH PAMEKASAN
ABSTRAK
Abd Hafidz, 2020, peningkatan motivasi belajar siswa melalui strategi
pembelajaran active knowledge sharing Di sekolah dasar plus nurul hikmah
pamekasan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN
Madura, Pembimbing: Dr. Edi Susanto, M. Fil. I
Kata kunci: Strategi pembelajaran active knowledge sharing, motivasi.
Strategi pembelajaran active knowledge sharing adalah pembelajaran yang
berorentasi pada keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dan proes
pembelajarannya dengan pembentukan kelompok saling tuker pendapaat.
Motivasi adalah suatu perubahan energi didalam pribadi seseorang yang ditandai
degan timbulnya afektif (perasaan) dan reaksi untuk mrncapai tujuan.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka ada tiga fokus penelitian yang
menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana persiapan
guru dalam peningkatan motivasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran
active knowledge sharing di sekolah dasar plus Nurul Hikmah. Kedua.
Bagaimana langkah-langkah guru dalam peningkatan motivasi belajar siswa
melalui strategi pembelajaranactiveknowledgesharing di sekolah dasar plus Nurul
Hikmah. Ketiga. Bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa melalui strategi
pembelajaran active knowledge sharing di sekolah dasar plus Nurul Hikmah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Informasinya adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikut sertaan,
ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
pertama, persiapan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran active
knowledge sharing dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah membuat
RPP sebagai acuan dan pedoman saat proses belajar mengajar berlangsung, dan
buku ajar yang diajarkan kepada siswa. kedua, langkah-langkah ustadzah dalam
mengaplikasikan strategi pembelajaran active knowledge sharing dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa, pertama, menjelaskan sekilas tentang
meteri. Kedua, membentuk tim/kelompok. Ketiga, meberikan kertas soal yang
berkaitan dengan tema/topik tersebut. Empat, memberikan kesempatan seluwas
mungkin kepad semua siswa dari masing-masing tim yang sudah dibentuk
melakukan diskusi/tukar pendapat kemudian menjawab soal-soal tersebut.
Kelima, setiap kelompok memberikan penilaian terhadap jawaban kelompok lain
(setuju/tidak). Enam, merefleksi jawaban setiap kelompok. Ketiga, keberhasilan
ustazah dalam menerapkan strategi active knowledge sharing dalam peningkatan
motivasi belajar siswa. dapat dilihat dari keatifan belajar siswa dan dari bukti
autentiknya yaitu penilaian yang diberikan oleh guru.
Tidak tersedia versi lain