Text
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE SUKU KATA BERBASIS MEDIA KARTU GAMBAR PADA SISWA KELAS 1 MI NURUSSHIBYAN AMBAT TLANAKAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Mutimmah 2020, Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan
Melalui Metode Suku Kata Berbasis Media Kartu Gambar Pada
Siswa Kelas 1 MI Nurus Shibyan Ambat Tlanakan Pamekasan,
Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,
Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura,
Pembimbing: Ahmad Fawaid, M.pd.I
Kata Kunci: Membaca Permulaan, Metode Suku Kata Berbasis Media
Kartu Gambar
Keterampilan membaca permulaan siswa masih rendah dikarenakan
kurangnya keterampilan guru dalam mengolah pembelajaran menjadi
menarik, hal ini menyebabkan siswa kurang antusias dalam belajar sehingga
siswa lebih asyik bicara sendiri dengan teman sebangkunya.
Berdasarkan hal tersebut maka ada tiga permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Apakah ada peningkatan
dalam membaca setelah menggunakan metode suku kata berbasis media kartu
gambar; kedua, Apakah faktor yang mempengaruhi dalam keterampilan
membaca permulaan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas 1 MI Nurus Shibyan Ambat yang berjumlah 18
siswa. Model penelitian ini menggunakan PTK model kemmis dan Mc
Taggart. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus
terdiri dari 2 pertemuan dan pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode yang digunakan dalam
pengumpulan data adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa pertama, dalam pembelajaran
membaca permulaan peneliti penggunaan metode suku kata berbasis media
kartu gambar dari hasil tersebut terlihat adanya peningkatan keterampilan
membaca permulaan pada siswa kelas 1 MI Nurus Shibyan Ambat. Hal ini
dibuktikan pada saat sebelum diberi tindakan nilai rata-rata dari seluruh siswa
masih rendah yaitu 45,27, dan presentase ketuntasan klasikal siswa 16,67%.
Pada siklus I setelah diberi tidakan yaitu dengan menggunakan metode suku
kata berbasis media kartu gambar nilai rata-rata siswa meningkat yakni
menjadi 57,5 dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 27,78%. Dan pada
siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 67,5 sedangkan presentase
ketuntasan siswa meningkat menjadi 55,56%. Dan pada pelaksanaan siklus III
nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 78,88 dan disertai dengan peningkatan
presentase ketuntasan siswa yang mencapai 83,33%. Kedua, setelah peneliti
melakukan kegiatan belajar mengajar(KBM) ditemukan beberapa faktor yang
mempengaruhi keterampilan membaca yakni faktor internal dan eksternal,
faktor internal meliputi minat dan kematangan usia peserta didik serta,
sedangkan faktor eksternal yaitu penggunaan media yang menarik.
Tidak tersedia versi lain