Text
PENTINGNYA SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SDN KARANG SOKON GULUK-GULUK SUMENEP
ABSTRAK
Rifqatul Jannah, 2020, Pentingnya Sarana dan Prasana Olahraga dalam Proses
Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SDN Karang
Sokon Guluk-Guluk Sumenep, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing:
Mohammad Hefni, M.Si
Kata Kunci: Sarana dan Prasarana Olahraga, Proses Pembelajaran PJOK
Pendidikan jasmani berperan untuk mendidik siswa dalam perkembangan
dan pertumbuhan, serta penanaman sikap dan nilai-nilai hidup yang benar dengan
melalui aktivitas jasmani. Proses pendidikan akan berjalan maksimal dengan
adanya sarana dan prasarana khususnya pada pendidikan jasmani, olahraga dan
kesehatan sehingga membantu proses belajar yang efektif dan efesien
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam permasalahan ini, yaitu: Pertama, bagaimana pentingnya sarana dan
prasarana olahraga dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan
kesehatan di SDN Karang Sokon Guluk-Guluk Sumenep. Kedua, Bagaimana
penggunaan sarana dan prasarana olahraga di SDN Karang Sokon Guluk-Guluk
Sumenep. Dan yang Ketiga, Apa faktor pendukung dan penghambat dalam proses
pembelajaran olahraga di SDN Karang Sokon Guluk-Guluk Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Informannya adalah kepala sekolah, guru olahraga, guru dan siswa. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan kehadiran,
penggunaan bahan referensi dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, di SDN Karang Sokon
Guluk-Guluk Sumenep kelengkapan sarana dan prasarana pendidikan jasmani,
olahraga dan kesehatan sudah cukup memadai. Menurut kepala sekolah
kelengkapan sarana dan prasarana itu penting bagi kelancaran proses
pembelajaran. Jadi, sebisa mungkin sarana yang kurang atau rusak akan di
perbarui agar pembelajaran tidak terganggu dan bisa mencapai tujuan
pembelajaran. Kedua, Proses pembelajaran PJOK di SDN Karang Sokon GulukGuluk Sumenep yaitu diawali dengan senam bersama. setelah senam, mereka di
suruh minum jamu yang sudah di bawa dari rumah. Masing-masing siswa
jamunya berbeda karena pertumbuhan setiap anak tidak sama jadi, menurut guru
olahraga pertumbuhan anak akan cepat dengan diberikan ramuan herbal seperti:
kunyit, kencur, temulawak dan sebagainya yang bisa membantu mempercepat
pertumbuhan siswa. Ketiga, faktor pendukung proses pembelajaran PJOK,
kelengkapan alat dan media olahraga yang dapat menunjang proses pembelajaran,
dan semangat siswa dan kemauan siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK.
sedangkan penghambat proses pembelajaran PJOK Yang paling dominan itu ya
karena siswanya malas belajar, tidak ingin berubah, diberi nasehat atau motivasi
sudah, terus kendalanya lagi kalau hujan, banyak yang tidak masuk dan sarananya
kurang memadai.
Tidak tersedia versi lain