Text
PELAKSANAAN PROGRAM PEMBIASAAN MENGAJI AL-QUR'AN DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SDN KANGENAN 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Nofi Dwi Rohani, 2020, Pelaksanaan Program Pembiasaan Mengaji Al-Qur’an
Dalam Upaya Pembentukan Karakter Siswa di SDN Kangenan 1 Pamekasan.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas
Tarbiyah, IAIN Madura, pembimbing Dr. Edi Susanto, M.Fil.I.
Kata Kunci : Pembiasaan Mengaji Al-Qur’an, Pembentukan Karakter Siswa.
Dalam proses pembentukan karakter siswa diperlukan suatu pembiasaan
yang berkaitan dengan nilai-nilai karakter sebagai upaya pembentukan dan
mengembangkan karakter pada diri siswa dalam kehidupan sehari-hari. Oleh
karena itu, melalui pelaksanaan program pembiasaan mengaji Al-Qur’an
diharapkan dapat membentuk generasi yang memiliki potensi dan perilaku yang
baik. Maka lembaga sekolah mampu mengemban tanggung jawab yang diberikan
dari masing-masing orang tua kepada pihak sekolah.
Adapun fokus penelitian ini adalah pertama, bagaimana pelaksanaan
program pembiasaan mengaji Al-Qur’an di SDN Kangenan 1 Pamekasan; Kedua,
apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi program pembiasaan mengaji AlQur’an dalam upaya pembentukan karakter siswa di SDN Kangenan 1
Pamekasan; Ketiga, bagaimana dampak program pembiasaan mengaji Al-Qur’an
dalam upaya pembentukan karakter siswa di SDN Kangenan 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian
deskriptif study kasus. Prosedur pengumpulan data diperoleh melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru,
dan siswa. Analisis data diperoleh melalui reduksi data, display data, dan
verivication atau penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data
dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, program pembiasaan
mengaji Al-Qur’an sudah diterapkan sejak tahun 2014. Proses pelaksanaan
program pembiasaan mengaji Al-Qur’an yaitu 15 menit sebelum pembelajaran
dimulai. Program ini diterapkan dengan tujuan untuk membentuk karakter siswa
yang disiplin dan bertanggung jawab. Kedua, terdapat faktor pendukung yakni
peran guru dalam memotivasi siswa, dan memantau langsung pelaksanaan
program pembiasaan mengaji Al-Qur’an. Kemudian faktor pendukung lainnya
adalah peran aktif siswa ketika pelaksanaan pembiasaan mengaji Al-Qur’an
berlangsung. Selain itu kebiasaan siswa yang nakal menjadi faktor penghambat
dari pembentukan karakter siswa. Untuk mengatasi faktor penghambat tersebut
dibutuhkan solusi diantaranya yaitu guru memberikan bimbingan dan pembinaan
secara khusus kepada siswa yang perilakunya kurang baik, kemudian harus ada
kerja sama antara sekolah dan orang tua agar bisa mengatasi faktor penghambat
tersebut. Ketiga, program pembiasaan mengaji Al-Qur’an memberikan hasil yang
positif dalam upaya pembentukan karakter siswa, seperti siswa semakin
disiplinan, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya,
serta dapat mengembangkan keimanan, ketakwaan dan akhlak siswa.
Tidak tersedia versi lain