Text
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA RODA BERPUTAR PADA SISWA KELAS V SDI MABDAUL FALAH SUMENEP
ABSTRAK
Rumsiatul Ummiyah, 2020, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang dengan Menggunakan Media Roda Berputar pada Siswa Kelas V SDI Mabdaul Falah Sumenep, Skripsi, Program Studi PGMI, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Aflahah, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Bangun Ruang, Media Roda Berputar
Hasil belajar siswa pada materi bangun ruang kelas V SDI Mabdaul Falah masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah belum optimalnya penggunaan media pembelajaran untuk membantu siswa memahami konsep-konsep pada materi bangun ruang. Hal ini melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan fokus penelitian, yaitu pertama, bagaimana kelayakan media pembelajaran roda berputar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang pada siswa kelas V SDI Mabdaul Falah Sumenep? Kedua, bagaimana penerapan media roda berputar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang pada siswa kelas V SDI Mabdaul Falah Sumenep? dan ketiga bagaimana hasil belajar siswa pada materi bangun ruang pada siswa kelas V SDI Mabdaul Falah Sumenep?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan model siklus Kemmis & Taggart. Penelitian ini menggunakan 2 siklus dengan 4 komponen yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDI Mabdaul Falah yang berjumlah 16 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan berupa penilaian kualitas media pembelajaran roda berputar, soal tes, lembar observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, media pembelajaran roda berputar “layak” digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang dengan rata-rata kelayakan media sebesar 78%. Kedua, penerapan penggunaan media roda berputar dalam pembelajaran bangun ruang pada siswa kelas V SDI Mabdaul Falah dapa meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan siswa pada tahap penelitian. Pada tahap prasiklus nilai rata-rata siswa mencapai 3 dan siklus I meningkat menjadi 5,081 kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 8. Sementara persentase ketuntasan siswa pada tahap prasiklus baru mencapai 12,50% sedangkan pada siklus I ketuntasan siswa meningkat menjadi 18,75% kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 75%. Dan ketiga, penggunaan media roda berputar dalam pembelajaran bangun ruang pada siswa kelas V SDI Mabdaul Falah dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran dari siklus I sebesar 58,50% menjadi 86,25% pada siklus II dengan kategori baik sekali.
Tidak tersedia versi lain