Text
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS V DI MI MATHALIUL ULUM 1 DSN. ,MALANGAN TENGAH KEC. PADEMAWU KAB. PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
ABSTRAK
Sitti Aisatul Birroh, 2020. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Dalam
Pembelajaran IPS Melalui Quantum Teaching Pada Siswa Kelas V di MI
Mathaliul Ulum I Dsn. Malangan Tengah Kec. Pademawu Kab.
Pamekasan Tahun Pelajaran 2019/2020 , Skripsi, Prodi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Madura. Dosen Pembimbing: Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd.
Kata Kunci: Prestasi pembelajaran IPS, Quantum Teaching.
Pembelajaran IPS pada dasarnya memiliki tugas untuk bisa membantu
pembentukan pribadi siswa yang perduli terhadap kondisi masyarakat saat ini.
Melalui quantum teaching siswa diharapkan belajar dari pengalaman langsung
untuk memperoleh ilmu pengetahuan bukan sekedar pentransferan ilmu serta
siswa lebih responsif dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilannya
untuk kehidupan nyata sehingga siswa memiliki motivasi dalam meningkatkan
prestasi belajar.
Berdasarkan permasalahan diatas, maka peneliti melakukan penelitian di
MI Mathaliul Ulum I dengan fokus dalam penelitian ini adalah Bagaimana
penerapan model quantum teaching untuk meningkatkan prestasi belajar dalam
pembelajaran IPS pada siswa kelas V di MI Mathaliul Ulum 1?
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatakan prestasi belajar
IPS melalui model Quantum Teaching pada siswa kelas V di MI Mathaliul Ulum
I.
Teknik pengumpulan data yaitu : (1) Observasi/Pengamatan (2)
Wawancara/Interview (3) Dokumentasi dan (4) tes. Teknik analisis data yaitu
analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara
kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan modifikasi
model Kemmis & Mc Taggart dalam 2 siklus terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari siswa
kelas V di MI Mathaliul Ulum I yang berjumlah 10 siswa. Objek penelitian adalah
meningkatkan prestasi belajar IPS melalui model quantum teaching. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas V di MI Mathaliul
Ulum I dapat meningkat setelah diberi tindakan melalui penerapan quantum
teaching. Prestasi belajar sebelum tindakan menunjukkan jumlah siswa yang
mencapai KKM sebanyak 1 siswa (10%) dan 9 siswa (90%) belum mencapai
KKM. Pada siklus I meningkat menjadi 3 siswa (30%) mencapai KKM dan 7
siswa (70%) masih dibawah KKM. Pada siklus II jumlah siswa telah mencapai
KKM meningkat menjadi 8 siswa (80%) dan 2 siswa (20%) masih dibawah KKM.
Nilai rata-rata pada saat pra tindakan sebesar 68, pada siklus I meningkat dari 68
menjadi 71,6 kemudian meningkat menjadi 86,8 pada siklus II. Dengan demikian,
penggunaan model quantum teaching dapat meningkatkan prestasi belajar IPS
siswa kelas V di MI Mathaliul Ulum I.
Tidak tersedia versi lain