Text
UPAYA GURU DALAM PEMBERIAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN BAN-BAN PAKONG PAMEKASAN
ABSTRAK
Ulfatul Hasanah 2020. Dengan judul skripsi “Pengaruh Penerapan
Bimbingaan Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa kelas
V SDN Kangenan 1 Pamekasan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah. Jurusan Tarbiyah. Pembimbing Mohammad Hefni, M.Si.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA
Bimbingan kelompok merupakan layanan bimbingan yang diberikan
dalam suasana kelompok. Bimbingan kelompok di sekolah merupakan kegiatan
informasi kepada sekelompok siswa untuk membantu mereka menyususn rencana
dan keputusan yang tepat.
Pada penelitian ini memfokuskan pada suatu permasalahan, yaitu adakah
pengaruh bimbingan kelompok terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPA siswa
kelas V SDN Kangenan 1.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi. Instrument
data diperoleh melalui angket, observasi dan dokumentasi, serta analisis datanya
menggunakan statistic korelasi product moment yang bertujuan untuk mengetahui
korelasi antara variabel X dan variabel Y.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: tidak ada pengaruh
penerapan bimbingan kelompok terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPA
siswa kelas V SDN Kangenan I. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis dengan
teknik product moment bahwa nilai ”r” kerja (0,05) lebih kecil dari “r” tabel baik
dari paraf signitifikan 5% (0,367) maupun taraf signitifikan 1% ( 0,470),
berdasarkan ketentuan jika ”r” kerja lebih kecil dari tabel, maka tidak ada korelasi
signitifikan antara bimbingan kelompok terhadap prestasi belajar mata pelajaran
IPA. Berdasarkan hasil interpretasi nilai “r” di atas dapat diketahui bahwa nilai “r”
hitung sebesar 0,05 berada pada rentangan angka antara 0,000 sampai dengan
0,200 dengan interpretasi tidak berkorelasi antara penerapan bimbingan kelompok
terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPA.
Tidak tersedia versi lain