Text
UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PEMBELAJARAN PENDIDKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE MIND MAPPING DI SMKN 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Imron Maulidi, 2020, Upaya Meningkatkan Kinerja Pelajaran Pendidikan Agama
Islam Melalui Metode Mind Mapping di SMKN 1 Pamekasan, Skripsi, Jurusan
Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah, Pembimbing: Farah
Ubaidillah S.TH.I, M.HUM.
Kata Kunci: Meningkatkan Kinerja, PAI, Mind Mapping
Dalam proses pembelajaran setiap metode menjadi penting, karena ia alat
untuk mencapai tujuan pembelajaran sebagai pelaksanaan dari strategi
pembelajaran dalam menyiasati perbedaan individu siswa. Kegiatan pembelajaran
merupakan suatu sistem yang dengan sengaja direncanakan dengan memodifikasi
berbagai kondisi yang diarahkan agar tujuan yang termuat dalam kurikulum dapat
tercapai. Sehingga pembelajaran dapat dikatakan sebagai kegiatan inti dalam
proses belajar mengajar di sekolah. Adapun cara yang dilakukan guru dalam
membantu siswa sangat bervariasi, salah satunya dengan cara menerapkan metode
pembelajaran yang baru yang dapat membantu meningkatkan kualitas belajar
siswa. Metode mind mapping merupakan salah satu dari metode pembelajaran
yang secara otomatis memberikan semangat kepada siswa sehingga tertarik dan
mau menerima dan bekerja sama dalam kelas.
Di samping itu peneliti memfokuskan penelitian ini pada bagaimana upaya
meningkatkan kinerja pelajaran pendidikan agama islam melalui metode Mind
Mapping di SMKN 1 Pamekasan dan faktor apa saja yang mendukung serta yang
menghambat dalam penggunaan metode Mind Mapping tersebut?
Penelitian ini penelitian kepustakaan (library reseach) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dengan proses pengumpulan data yang
dilakukan adalah analisis dokumen dengan mencari dan mendalami sebanyak
mungkin melalui data primer dan sekunder dengan dukungan data yang
menunjang proses penelitian ini. Selanjutnya data terkumpul, proses menganalisis
data dengan teori Mind Mapping Tony Buzan, di mana peneliti melakukan
analisis terhadap dua permasalah yang muncul itu.
Terjadi peningkatan kinerja dalam penerapan metode pembelajaran Mind
Mapping dalam pelajaran PAI dan ini tentu mempunyai pengaruh positif,
maksudnya peningkatan kinerja aktifitas belajar siswa yang ditunjukan dari hasil
pengamatan dan pendalaman, telah terjadi pada siswa selama pembelajaran
berlangsung, dari data obsevasi tentang aktifitas belajar siswa yang diamati dari
beberapa indikator yaitu pada siklus I mencapai (51.45%) dan pada siklus II
menjadi (72.08 % ). Penerapan pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam (PAI) Kelas XI di SMKN 1 Pamekasan dengan melalui Mind Mapping
dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari data
persentase hasil belajar siswa secara klasikal pada pra siklus yaitu hanya (23.33%)
, pada siklus I (53.33%) dan pada siklus II meningkat menjadi (86.67%).
Tidak tersedia versi lain