Text
PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN ANGSANAH 1 PALENGAAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Maulidatul Munawwaroh, 2020, Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar
Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SDN Angsanah I Palengaan
Pamekasan, Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah,
Pembimbing: Ahmad Fawaid, M.Pd.I
Kata kunci: Peran guru, mengatasi kesulitan belajar
Dalam kegiatan pembelajaran di SDN Angsanah I sering dijumpai siswa
yang mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran matematika. Hal ini
disebabkan ketika seorang guru menjelaskan materi didepan, siswa sibuk
dengan sendirinya, menghiraukan penjelasan guru, berbicara sendiri dengan
temannya, dan kurang menariknya metode pembelajaran yang digunakan oleh
guru tersebut. Sehingga hal seperti itulah mengakibatkan siswa mengalami
kesulitan dalam belajarnya.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka ada tiga fokus penelitian yang
menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana peran
guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran matematika
di SDN Angsanah I. Kedua, Apa saja faktor-faktor kesulitan belajar siswa
pada mata pelajaran matematika di SDN Angsanah I Palengaan Pamekasan.
Ketiga, Bagaimana pengaruh peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar
siswa pada mata pelajaran matematika di SDN Angsanah I.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Informannya adalah guru kelas dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan
data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan
dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, peran guru dalam
mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran matematika sesuai
dengan bentuk kesulitan yang siswa alami yaitu kesulitan dalam mengerjakan
soal, dengan cara melakukan penjelasan secara berulang-ulang, jika masih
belum paham guru memanggil siswa tersebut dengan cara memberikan
bimbingan khusus kepada siswa dan guru memberikan motivasi kepada siswa
agar selalu menyukai semua mata pelajaran khususnya matematika. Kedua,
faktor-faktor kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SDN
Angsanah I: Faktor internal, yang merupakan dari diri anak sendiri, ada anak
yang memang susah untuk diajak konsentrasi dalam belajarnya karena
kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar matematika. Sedangkan
faktor ekternal, kurangnya pemantauan dari orang tua, hal ini dibuktikan
ketika guru kelas memberikan PR, mereka tidak menyelesaikan di rumahnya.
Ketiga, pengaruh peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada
mata pelajaran matematika di SDN Angsanah I: peran guru sudah membawa
pengaruh postif kepada siswa terutama bagi yang mengalami kesulitan belajar
matematika pada matematika dengan berbagai cara yang dilakukan setiap
guru kelas.
Tidak tersedia versi lain