Text
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN IBADAH SANTRIWATI KELAS II TSANAWIYAH TM AL-AMIEN PRENDUEN SUMENEP
ABSTRAK
Azizah, 2020, Efektivitas Pembelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Ibadah
Santriwati Kelas II Tsanawiyah TMI Al-Amien Prenduan Sumenep,
Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah,
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Drs. H.
Zainol Hasan, M.Ag.
Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Fiqih, Ibadah
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti dalam
mengungkap fenomena kerja sama yang dilakukan oleh pihak Pondok Pesantren
TMI Al-Amien Prenduan Sumnep terutama guru fiqih kelas II Tsanawiyah.
Dengan demikian, penelitian ini akan berusaha untuk mengetahui bagaimana
Efektivitas Pembelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Kemampuan Ibadah
Santriwati Kelas II Tsanawiyah TMI Al-Amien Prenduan Sumenep.
Fokus Penelitian Ini, ada dua :Pertama,Bagaimana efektivitas
pembelajaran fiqih dalam meningkatkan ibadah santriwati kelas II Tsanawiyah
TMI Al-Amien Prenduan Sumenep?. Kedua, Apa saja faktor yang mendukung
dan menghambat efektivitas pembelajaran fiqih pada santriwati kelas II
Tsanawiyah TMI Al-Amien Prenduan Sumenep?
Penelitian ini menggunakan dengan menggunakan metode penelitian
kualitatif, karena penelitian kualitatif merupakan sebuah penelitian yang berusaha
mengungkapkan keadaan yang bersifat alamiah (kenyataan) secara holistik (utuh).
Prosedur pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah Nyai/Ustadzah,
guru dan santriwati Madrasah Tsanawiyah kelas II TMI Al-Amien Prenduan
Sumenep.kemudian data tersebut dirumuskan dalam bentuk transkip wawancara
dan catatan pengamatan lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas pembelajaran fiqih dalam
meningkatkan ibadah santriwati kelas II Tsanawiyah TMI Al-Amien Prenduan
Sumenep dapat dikatakan sudah cukup baik. Dengan diketahuinya syarat efektif
dalam mengajar yang diterapkan yaitu guru mengupayakan agar siswa belajar
secara aktif baik mental maupun fisik, mempergunakan banyak metode pada
waktu belajar dengan adanya metode pembelajaran yang bervariasi seperti
metode ceramah, metode tanya jawab dan dilanjutkan dengan praktek/gerakan
dalam sholat untuk mengetahui kemampuan santriwati dalam menguasai materi
dan dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan motivasi yang
tepat, selalu membuat perencanaan sebelum mengajar, guru memiliki keberanian
menghadapi semua persoalan yang timbul pada belajar-mengajar, guru mampu
menciptakan suasana yang demokratis, guru menstimulasi siswa untuk berfikir,
Adanya keterkaitan antara pelajaran yang diterima dengan kehidupan nyata di
masyarakat. Faktor yang mendukung dari efektivitas pembelajaran fiqih dalam
meningkatkan ibadah santriwati kelas II Tsanawiyah TMI Al-Amien Prenduan
Sumenep yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern yaitu minat belajar
santri wati yang tinggi, faktor ekstern yaitu adanya metode dan media yang
bervariasi serta pengaruh teman yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya
yaitu faktor intern dan faktor ekstern, faktor intern yaitu kurangnya minat belajar
siswa.faktor ekstern yaitu metode yang menyenangkan segingga membuat siswa
bosan dan pengaruh teman yang kurang baik
Tidak tersedia versi lain