Text
PERSIAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SDN ANGSANAH 1 PALENGAAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Sitti Sutartinah 2020, Persiapan Strategi Pembelajaran Student
Facilitator and Explaining Pada Mata Peajaran IPA Kelas V di SDN
Angsanah I Palengaan Pamekasan, Skrips, Program Studi PGMI, Jurusan
Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing:Dr. Siswanto, M.Pd.I
Kata Kunci: persiapan, strategi pembelajaran student facillitator and
explaining
Persiapan adalah segala bentuk perlengkapan, perencanaan, upaya,
tindakan, usaha, dan pengalaman sadar untuk mempersiapkan diri dalam
pelaksanaan proses pembelajaran. Termasuk dalam mempersiapkan
strategi pembelajaran student facillitator and explaining pada mata
pelajaran IPA. Namun, Kadang masih banyak guru yang belum
mempersiapkan strategi pembelajaran apa yang akan digunakan sehingga
membuat siswa kebingungan.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka ada dua fokus penelitian
yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: pertama,
Bagaimana upaya guru dalam mempersiapkan strategi pembelajaran
student facilitator and explaining pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN
Angsanah I Palengaan Pamekasan; kedua, Apa saja yang menjadi
penghambat dalam mempersiapkan strategi pembelajaran student
facilitator and explaining pada mata peajaran IPA kelas V di SDN
Angsanah 1 Palengaan Pamekasan serta bagaimana solusinya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah dan wali kelas V.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, dalam
mempersiapkan strategi pembelajaran student facillitator and explaining
pada mata pelajaran IPA tentunya Dalam mempersiapkan strategi
pembelajaran student facillitator and explaining guru hanya menyiapkan
RPPnya saja sedangkan untuk media siswa disuruh membawa sendiri dan
jika media yang akan digunakan sulit atau mahal jika dibeli maka guru
menyiapkan sendiri atau membawanya sendiri. Kedua, hambatan yang
terjadi biasanya hanya pada media yang akan digunakan pada saat
penerapan strategi pembelajaran student facillitator and expalining yaitu
siswa lupa membawa medianya. Hambatan yang selanjutnya yaitu siswa
yang pemalu sulit maju kedepan untuk menjelaskan kembali kepada
teman-temannya. Namun setiap hambatan pasti ada solusinya yaitu Solusi
untuk mengatasi hambatan-hambatan diatas guru menyuruh siswanya
untuk meminta ke temannya bagi siswa yang tidak bawa media. Solusi
selanjutnya bagi siswa yang tidak membawa media hukumannya disuruh
maju kedepan untuk menjelaskan kepada teman-temannya dengan ini
siswa yang maju tidak hanya itu-itu saja.
Tidak tersedia versi lain