Text
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS V SDN SEJATI 2 KEC. CAMPLONG KAB. SAMPANG
ABSTRAK
Fitriya, 2020. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di
Kelas V SDN Sejati 2 Kec. CamplongKab. Sampang. Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) FakultasTarbiyah, Pembimbing Dr. Usman, M. Pd.I.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Prestasi Belajar Siswa.
Ada dua permasalahan yang menjadi tujuan pokok dalam penelitian ini, Pertama, tentang
ada tidaknya Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di
Kelas V SDN Sejati 2 Kec. Camplong Kab. Sampang. Kedua, Seberapa besar Pengaruh Media
Pembelajaran Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di Kelas V SDN Sejati 2 Kec.
Camplong Kab. Sampang.
Populasi penelitian adalah siswa SDN Sejati 2 Kec. Camplong Kab. Sampang tahun
pelajaran 2019/2020 sebanyak 87 siswa. Jumlah sampel adalah 15% dari populasi yang ada,
yakni sebesar 30 siswa, ditentukan dengan teknik accidental sampling. Instrumen yang
digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan
analisis data yang digunakan adalah analisis product moment.
Temuan penelitian ini meliputi: keadaan sarana dan prasarana, tenaga pengajar, jumlah
siswa, data tentang hasil belajar siswa SDN Sejati 2 Kec. Camplong Kab. Sampang dan ada
pengaruh media pembelajaran terhadap peningkatan prestasi belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh media pembelajaran terhadap peningkatan
prestasi belajar siswa di kelas V SDN Sejati 2 Kec. Camplong Kab. Sampang adalah cukup
berpengaruh. Hal ini terbukti dari hasil analisis statistik yang menunjukkan bahwa “r” kerja
0,690 lebih besardari “r” tabel product moment. Dan ketika di konsultasikan dengan table
interpretasi nilai “r” berada pada rentang angka 0,600 sampai dengan 0.800 yang menunjukkan
nilai interpretasi “Cukup”.
Tidak tersedia versi lain