Text
IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK DI MI TARBIYATUL IKHWAN LARANGAN LUAR LARANGAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Ruqaiyah, 2020, Implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Perkembangan Kepribadian Peserta Didik di MI Tarbiyatul Ikhwan Larangan Luar Larangan Pamekasan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. Siswanto, M.Pd.I
Kata Kunci: Implementasi Manajemen Kelas, Perkembangan Kepribadian Peserta Didik
Penerapan manajemen kelas merupakan kegiatan yang sangat penting dalam mengatur suatu kelas untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif dan sesuai harapan. Penerapan manajemen kelas yang baik maka dapat mempengaruhi kegiatan pembelajaran dan juga tentunya peningkatan perkembangan peserta didiknya, dengan harapan lembaga pendidikan mampu mencetak generasi bangsa dengan berkepribadian yang baik.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yatiu; pertama, bagaimana implementasi manajemen kelas di MI Tarbiyatul Ikhwan Larangan Luar Larangan Pamekasan. Kedua, bagaimana proses perkembangan kepribadian peserta didik melalui manajemen kelas di MI Tarbiyatul Ikhwan Larangan Luar Larangan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informasinya adalah SDM yang menguasai bidangnya seperti guru kelas dan guru bidang studi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui peningkatan ketekunan pengamatan dan trigulasi.
Hasil penelitian manunjukkan bahwa: pertama, Implementasi manajemen kelas di MI Tarbiyatul Ikhwan Larangan Luar sebagai berikut: ada beberapa penerapan di lembaga ini yakni; kegiatan manajemen kelas, meliputi menciptakan iklim kelas yang nyaman dan tepat, mengatur ruang kelas dengan baik, dan menciptakan interaksi pembelajaran yang baik dan tepat. Selanjutnya yaitu strategi manajemen kelas, meliputi mencegah timbulnya masalah di dalam kelas dan mengatasi masalah yang sudah terjadi di dalam kelas. Serta keterampilan manajemen kelas, meliputi keterampilan memulai pembelajaran, keterampilan saat berlangsungnya pembelajaran, keterampilan mengakhiri atau menutup pembelajaran.
Kedua, Proses perkembangan kepribadian peserta didik melalui manajemen kelas di MI Tabiyatul Ikhwan Larangan Luar meliputi: Pendekatan-pendekatan kepribadian, pendekatan ini ada dua yaitu pendekatan tipologis dan pendekatan longitudinal. Selanjutnya keberagaman individu dalam kepribadian peserta didik, diatur dengan cara menggunakan manajemen kelas yang tepat dan baik. Sedangkan yang terakhir yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian peserta didik, meliputi faktor biologis, faktor sosial, dan faktor kebudayaan.
Tidak tersedia versi lain