Text
STRATEGI PEMBELAJARAN PAKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF,EFEKTIF DAN MENYENANGKAN) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS XI DI MA AL FALAH SUMBER GAYAM KADUR PAMEKASAN
ABSTRAK
Enniyatus Solehah, 2020, Strategi Pembelajaran Pakem (Pembelajaran Aktif, Kreatif , Efektif Dan Menyenangkan) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas Xi Di MA Al Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Dr. Zainuddin Syarif, M. Ag.
Kata Kunci : Pembelajaran PAKEM, Guru Akidah Akhlak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dalam mengungkap fenomena oleh pihak guru terutama guru Akidah Akhlak di MA Al Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan, Dengan Demikian akan berusaha untuk mengetahui bagaimana penerapan Strategi Pembelajaran Pakem Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas Xi Di MA Al Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan, serta apa saja factor pendukung dan penghambat dalampenelitian ini.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua fokus yang menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu; Pertama, bagaimana penerapan strategi pembelajaran PAKEM dalam meningkatkan prestasi bembelajaran akidah akhlak pada siswa ?. Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi pembelajaran PAKEM dalam meningkatkan prestasi bembelajaran akidah akhlak pada siswa ?, dan yang ketiga, bagaimana prestasi prestasi belajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Pakem Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas Xi Di MA Al Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data yang diperoleh melalui Guru akidah aklak, kepalasekolah, guru kesiswaan, serta siswa Kelas XI Di MA Al Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan. Adapun tehnik analisis datanya menggunakan reduksi data, display data (penyajian data), serta verifikasi data (penarikan kesimpulan). Sedangkan tehnik pengecekan keabsahan datanya menggunakan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan member chek.
Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa; 1) penerapan strategi pembelajaran PAKEM dalam meningkatkan prestasi bembelajaran akidah akhlak pada siswa yaitu guru itu harus menerapkan pembelajaran aktif sebagai pondasi awal dalam melaksanakan PAKEM . dan halini guru dapat memberikan aspek dengan cara memecahkan masalah, curah pendapat dan belajar dengan menggunakan learning by doing. 2) adapun faktor pendukung dan penghambat strategi pembelajaran PAKEM dalam meningkatkan prestasi bembelajaran akidah akhlak dengan cara guru membimbing dan memberikan arahan kepada peserta didik supaya siswa tersebut memiliki kemampuan yang berbeda-beda terhadap suatu meteri. 3) prestasi belajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Pakem Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak itu dengan cara bersungguh sungguh dan dijadikan sebagai bentuk apresiasi untuk memotifasi semangat siswa untuk lebih aktif dan antusias dalam msetiap mengikuti pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain