Text
PENERAPAN METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI RUMAH TAHFIDZ SAHABAT QUR'AN (SQ) DI SUSUN PANINGGIN KEC. PADEMAWU KAB. PAMEKASAN
ABSTRAK
KhoirunNisa’. 2020.“Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an di
Rumah Tahfidz Sahabat Qur’an di Dusun Paninggin Kec. Pademawu Kab.
Pamekasan”.Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah,
IAIN Madura, Pembimbing: Dr. Siswanto, M.Pd.I.
Kata Kunci: MetodeUmmi, Pembelajaran al-Qur’an
Al-Qur’an memandang bahwa pendidikan merupakan persoalan utama dalam
membangun dan memperbaiki kondisi umat islam. Mengingat sangat pentingnya alQur’an sebagai pedoman hidup dan petunjuk hidup bagi umat islam, maka umat
islam harus mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan aturan
membacanya. Maka dari itu perlu dilakukan pembelajaran membaca al-Qur’an.
Dalam hal ini sekolah atau tempat pembelajaran al-qur’an tentunya memerlukan
sebuah system pembelajaran al-Qur’an yang mampu memberikan jaminan kepada
para santrinya. Disini Metode Ummi merupakan salah satu model metode
pembelajaran al-Qur’an yang terbaru. Metode ummi ini merupakan salah satu system
pembelajaran al-Qur’an yang telah tersusun secara sistematis dan rinci mengenai
beberapa hal terkait dengan tahapan-tahapan yang harus di jalankan sebelum
dilakukan pembelajaran.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua pokok permasalahan dalam penelitian
ini adalah (1) Bagaimana Penerapan metode Ummi dalam Pembelajaran al-Qur’an di
Rumah Tahfidz Sahabat Qur’an di Dusun Paninggin (2) Apa faktor pendukung dan
penghambat dalam penerapan metode Ummi di Rumah Tahfidz Sahabat Qur’an di
Dusun Paninggin.
Untuk menjawab permasalah ini, dilakukan penelitian dengan pendekatan
kualitatif dengan jenis deskriptif yakni. Pengumpulan data dilakukan dengan metode
wawancara semi terstruktur, observasi berperan serta dan metode dokumentasi
terhadap sejumlah sumber terkait. Analisis data selama dan setelah kajian pustaka dan
model analisis reduksi data penyajian data dan verifikasi data untuk kajian lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama penerapan metode Ummi
dalam pembelajaran al-Qur’an di Rumah Tahfidz Sahabat Qur’an di Dusun Paninggin
yaitu dengan menggunakan tujuh tahapan. Tujuh tahapan tersebut terdiri dari
pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan/keterampilan,
evaluasi dan penutup. Ketujuh tahapan tersebut dilaksanakan setiap pembelajaran alQur’an berlangsung yaitu dengan waktu 60 menit.Kedua faktor pendukung dan
penghambat dalam penerapan metode Ummi yang pertama adalah faktor pendukung
bahwa metode ummi di RumahTahfidz Sahabat Qur’an adalah metode ummi betulbetul sangat membantu terutama dari segi bacaan dan semangat ustadz dan ustadzah
dalam mengajar. Sedangkan factor penghambat dari penerapan metode Ummi dalam
pembelajaran al-Qur’an adalah keadaan siswa yang berbeda dalam setiap kelompok,
kedua minimnya sarana prasarana yang kurang memadai.
Tidak tersedia versi lain