Text
PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN BUGIH 3 PAMEKASAN
ABSTRAK
Qusyairi 2020, Penerpan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Kemampuan
Berkomunikasi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas
IV SDN Bugih 3 Pamekasan. Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri
Madura, Pembimbing Mohammad Thoha, M.Pd.I
Kata Kunci: Komunikasi, Metode Role Playing, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hubungan komunikasi yang
dilakukan oleh siswa dengan siswa ataupun siswa dengan guru. Hal itu
disebabkan karena rasa malu, tidak percaya diri, serta low intelligence quotient
yang dimiliki siswa. Kondisi ini membuat mereka terhambat dalam melakukan
komunikasi. Sehingga perlu ada penerapan metode yang sesuai dengan pelajaran
bahasa indonesia yaitu metode Role Playing. Dalam penelitian ini bertujuan untuk
menerapkan metode Role Playing dan hasil penerapan metode Role Playing pada
pembelajaran bahasa indonesia untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi
siswa kelas IV SDN Bugih 3 Pamekasan.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV B SDN Bugih 3 Pamekasan yang
berjumlah 43 orang. Model PTK ini menggunakan Model Kemmis & Mc Taggart,
1982, dan model ini dilakukan dengan beberapa siklus. Dan yang menjadi
indikator keberhasilan tindakan kelas disini ditandai dengan adanya perubahan
kearah perbaikan dalam proses pembelajaran. Sebagai indikator yang dicapai
siswa dalam penelitian ini adalah suatu tidakan dibandingkan dengan standart
minimal yang ditentukan yaitu 85 % dari jumlah siswa yang mengikuti kegiatan
belajar mengajar. Dalam penelitian ini siswa dikatakan berhasil jika memiliki nilai
70. Penelitian ini, antara peneliti dan guru kelas IV SDN Bugih 3 Pamekasan
mengadakan kolaborasi untuk menentukan kriteria yang digunakan dalam
keberhasilan dalam suatu pembelajaran. Dan metode yang digunakan dalam
pengumpulan data adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, penelitian tindakan kelas disini dilaksanakan
dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan pada setiap siklus
terdapat kegiatan perencanaan meliputi: mengembangkan RPP menyiapkan
lembar instrumen kemampuan siswa, implementasi tindakan meliputi tindakan
penelitian pada pembelajaran yang dilakukan secara fleksibel, observasi yang
dilakukan saat proses pembelajaran, dan refleksi yag dilakukan untuk memikirkan
dan mengkaji hasil tindakan pada kegiatan yang telah dilaksanakan. Berdasarkan
hasil penelitian yang diperoleh siswa pada prasiklus, siklus I dan siklus II maka
diketahui bahwa metode role playing dapat meningkatkan kemampuan
berkomunikasi siswa kelas IV SDN Bugih 3 Pamekasan, yaitu, pertama, Pra
tindakan menunjukkan bahwa kemampuan berkomunikasi siswa masih berada di
posisi rendah dengan nilai 629 dan rata-rata 58,32%. Kedua, Siklus I nilai siswa
naik mencapai 749 dengan rata-rata 70,04%. Ketiga, Siklus II dengan jumlah nilai
1.113 dan rata-rata mencapai 76%. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan
metode role playing dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa kelas
IV SDN Bugih 3 Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain