Text
PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGEMBANGKAN MULTIPLE INTELLEGENCE SISWA DI SMPN 2 PADEMAWU PAMEKASAN
ABSTRAK
Agussasi, 2020, Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan
Multiple Intellegence siswa di SMPN 2 Pademawu Pamekasan, Skripsi,
Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing: H.
Muhammad Jamaluddin. M. Pd.
Kata Kunci: Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Multiple Intellegence
Skripsi ini membicarakan tentang peran guru bimbingan dan konseling
dalam mengembangkan multiple intellegence siswa di SMPN 2 Pademawu
Pamekasan. Ada dua Fokus yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini.
Petama, Bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan
multiple intellegence siswa di SMPN 2 Pademawu ?. Kedua, Apa hambatan peran
guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan multiple intellegence siswa
di SMPN 2 Pademawu ?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Pengumpulan data didapat oleh peneliti melalui wawancara, observasi dan analisis
dokumentasi. Adapun informan atau subjek sdari penelitian ini adalah kepala
sekolah, guru bimbingan dan konseling, dan sebagian siswa yang mengikuti
program kelas menulis di SMPN 2 Pademawu Pamekasan. Sedangkan untuk
mengecek keabsahan data peneliti menggunakan cara perpanjangan waktu
penelitian, ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber.
Dari hasil penelitian dapat dipaparkan: Pertama, peran guru bimbingan
dan konseling dalam mengembangkan multiple intellegence siswa di SMPN 2
Pademawu Pamekasan adalah: 1) Penginformasian Kecerdasan Kinestetik (Bola
Volly, Futsal, Basket, dan Seni Tari), Kecerdasan Naturalis (Pramuka),
Kecerdasan Logis-Matematis (Catur), Kecerdaan Musik (Tartil dan Sholawat)
dalam Ekstrakurikuler yang Tersedia Kepada Siswa. 2) Siswa Difokuskan ke
Pengembangan Kecerdasan yang Telah Dipilihnya. 3) Koordinasi dengan Guru
Pendamping Ekstrakurikuler Terkait Pengembangan Kecerdasan Siswa. 4)
Evaluasi dan Tindak Lanjut dari Pengembangan Kecerdasan yang Tersedia.
Kedua, hambatan peran guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan
multiple intellegence siswa di SMPN 2 Pademawu Pamekasan adalah: 1) Peserta
Didik Malas latihan, 2) Siswa Ikut teman Bermain, 3) Siswa bingung menentukan
pengembangan diri, 4) Siswa tidak berkonsultasi langsung ketika ada masalah
terkait pengembangan dirinya, 5) Orang tua kurang mengerti terhadap passion
anak, 6) Sarana dan Prasana.
Tidak tersedia versi lain