Text
PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 3 SAMPANG
ABSTRAK
MohIvani, 2019, Penggunaan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement
Divisions (STAD) Pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3
Sampang, skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN
Madura, Pembimbing : Drs. H. Saiful Arif, M.Pd.
Kata Kunci :Model Kooperatif STAD, Pembelajaran PAI
Ada tiga fokus dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana langkah guru
PAI dalam menggunakan model kooperatif Student Team Achievement
Divisions(STAD) pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti, kedua, apa saja faktor
pendukung dalam penggunaan model kooperatif tipe Student Team Achievement
Divisions(STAD) pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Ketiga, apa saja faktor
penghambat dalam penggunaan model kooperatif tipe Student Team Achievement
Divisions(STAD) pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif,
sedangkan yang menjadi informan yaitu siswa danguru pengajar pendidikan agama
Islam. Sumber data dari yang diperoleh melalui wawancara langsung, observasi dan
dokumentasi. Untuk memperkuat hasil temuan, dilakukan cek keabsahan data melalui
perpanjangan keikut sertaan, kettekunan pengamatan, triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama,Langkah-langkah penggunaan
model kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada
pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Sampang adalah siswa dibentuk
kelompok sesuai banyaknya tema yang beranggotakan 4-5 orang sesuai banyaknya
siswa di kelas yang beragam kemampuan, kemudian guru memberikan suatu
penjelasan dan permasalahan kepada siswa didalam kelompok dan memastikan bahwa
semua anggota kelompok dapat menguasai permasalahan tersebut, setelah itu siswa
diberi waktu untuk bekerja sama setelah pelajaran diberikan oleh guru, sehingga
setiap siswa harus menguasai materi yang diberikan, tetapi tidak saling membantu
ketika menjalani kuis, hal tersebut akan memberi warna dikelas sehingga kelas
menjadi aktif, sumber data tidak hanya berpatokan pada guru saja akan tetapi bisa
melalui peserta didik yang yan lain. kedua, Faktor pendukung dalam pengguanaan
model kooperatif Student Team Achievement Divisions (STAD) ini pada pembelajaran
PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Sampang adalah saling mendorong dan
membantu satu sama lain untuk menyelesaikan suatu masalah yang telah diberikan,
terciptanya hubungan yang akrab dikelas antara guru dan siswa begitupun siswa
dengan siswa dan dilengkapinya sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran.
Ketiga, Adapun hambatan yang dialami dalam penggunaan model kooperatif Student
Team Achievement Divisions (STAD)pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di
SMP Negeri 3 Sampang adalah kurangnya pemahaman siswa tentang materi
pembelajaran dengan penggunaan model kooperatif Student Team Achievement
Divisions (STAD).
Tidak tersedia versi lain