Text
IMPLEMENTASI 'ROLE PLAYING' DALAM PENINGKATAN K AKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI (SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM) DI MTS BUSTANUL ULUM SONOK ONGGUNONG SUMENEP
ABSTRAK
Moh Misnawi, 2020, Implementasi ‘Role Playing’ dalam peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) di MTs Bustanul Ulum Sonok Nonggunong Sumenep. Skripsi, Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN) Madura, Pembimbing: Dr.H. Syaiful Hadi, M.Pd.
Kata Kunci: Metode Role Playing, Keaktifan, Sejarah Kebudayaan Islam.
Fukus penelitian penelitian ini pertama perencanaan metode role playing dalam peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) di MTs Bustanul Ulum Sonok Nonggunong Sumenep. Kedua penerepan metode role playing dalam peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) di MTs Bustanul Ulum Sonok Nonggunong Sumenep. Ketiga evalusi metode role playing dalam peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) di MTs Bustanul Ulum Sonok Nonggunong Sumenep. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu peneliti melakukan pengumpulan data melalui wawancara observasi serta dokumentasi hal itu dilakukau untuk memperkuat data yang telah peneliti temukan dilapangan. Hasil penelitian yang di dapatkan oleh peneliti, yaitu:.perencanaan metode role playing dalam peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) di MTs Bustanul Ulum Sonok Nonggunong Sumenep. Yaitu meyiapka skenario yang sesuai dengan materi yang akan dibahas, ,mengelola kelas dengan baik yang, menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam penerapan metode tersebut. Pelaksanaannya yaitu mencaritakan hal yang berkaitan dengan materi, membentuk siswa menjadi kelompok, mengatur tenpat duduk siswa, menyuruh siswa untuk memahami materi yang akan dibahas serta menyuruhnya untuk memerankan materi tersebut kemudian menyuruh siswa untuk membuat catatan berkaitan dengan temanya yang sedang memerankan materi tersebut, guru memberikan penjelasan dan arahan untuk menyemurnakan pelaksaan pembelajaran dengan menggunakan metode role playing. Adapun evaluasi yang dilakukan yaitu, menyuruh siswa untuk membuat catatan mengenai temannya yang sedang memerankan materi sebagai bahan penilaian, kemudian mengamati perkembangan keaktifan siswa pada saat pembelajaran dan melakukan kedua hal tersebut pada setiap pertemuan dalam pelajaran sejarah kebudayaan Islam.
Tidak tersedia versi lain