Text
KINERJA GURU BK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLE FORM PADA EVALUASI HASIL BIMBINGAN KLASIKAL DI SMP NEGERI 8 PAMEKASAN
ABSTRAK
Sitti Alfiatul Hasanah, 2020, Kinerja Guru BK dalam Menggunakan Media Google
Form Pada Evaluasi Hasil Bimbingan Klasikal di SMP Negeri 8 Pamekasan,
Skripsi, Program Studi BKPI, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing:
H.Muhammad Jamaluddin, M.Pd
Kata kunci: Kinerja Guru BK, Media Google Form, Evaluasi Bimbingan Klasikal
Kinerja guru BK adalah faktor yang sangat penting untuk menentukan kualitas
pembelajaran, dalam proses menentukan kualitas pembelajaran guru BK masih belum
memanfaatkan media secara optimal khususnya pada pelaporan evaluasi bimbingan
klasikal dan masih menggunakan pelaporan secara manual yaitu dengan menyebarkan
lembaran angket ke semua siswa. Padahal dalam proses evaluasi bimbingan klasikal
sudah ada cara yang lebih mudah dalam pelaporan evaluasi yaitu menggunakan
media google form secara online dalam pelaksanaan evaluasi bimbingan klasikal
supaya guru BK dapat mengetahui kinerjanya secara cepat dan mudah dalam
pelaporan. Berdasarkan hal tersebut, maka tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini yaitu: Pertama, Bagaimana kinerja guru BK dalam
menggunakan media google form pada evaluasi bimbingan klasikal di SMP negeri 8
Pamekasan. Kedua, Bagaimana faktor penghambat dan faktor pendukung kinerja
guru BK dengan menggunakan media google form pada evaluasi bimbingan klasikal
di SMP Negeri 8 Pamekasan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi, sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
penelitian, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, kinerja guru BK dengan
menggunakan media google form pada evaluasi bimbingan klasikal sangat baik
dibuktikan dengan adanya pembuatan RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan) melalui
materi yang sangat dibutuhkan oleh peserta didik dan pelaksanaan evaluasi kinerja
guru BK menunjukkan rata-rata hasil yang baik juga dibuktikan pada pengisian hasil
evaluasi di google form. Kedua, faktor penghambat dan faktor pendukung kinerja
guru BK pada evaluasi bimbingan klasikal menggunakan google form di SMP
Negeri 8 Pamekasan, faktor pendukungnya yaitu apresiasi dari kepala sekolah yang
sangat setuju dengan adanya bimbingan klasikal, dan musyawarah antar guru
bimbingan dan konseling (MGBK) se kabupaten Pamekasan terhadap layanan
bimbingan klasikal dan evaluasi menggunakan google form, sehingga sampai pihak
sekolah pun memberikan jam masuk kelas kepada guru BK disetiap minggunya.
Adapun faktor penghambatnya yaitu guru BK pada saat itu masih belum mempunyai
paket kuota internet dalam pelaksanaan evaluasi tersebut sehingga dapat menghambat
proses pengerjaannya.
Tidak tersedia versi lain