Text
HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK SEMESTER 2 RUANG 1 PROGRAM LAYANAN SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DI MTs NEGERI 3 PAMEKASAN
ABSTRAK
Ainun nafhah, 2020, Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Keterampilan
Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Semester 2 Ruang 1 Program Layanan
Sistem Kredit Semester (SKS) di MTs Negeri 3 Pamekasan, skripsi, Program Studi
Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura,
Pembimbing: Imam Hanafi, S.Pd.I., M.H.I
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Keterampilan Komunikasi Interpersonal.
Keserdasan emosional, adalah kemampuan untuk mengenali emosi diri,
mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain
(empati) dan kemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan orang
lain. Kecakapan diri anak di usia sekolah tentunya berhubungan erat dengan
keterampilan komunikasi interpersonal. Bahkan kontrol diri merupakan salah satu
komponen keterampilan emosional. Pakar psikologi emosi, Goleman mengatakan
bahwa koordinasi suasana hati adalah inti dari hubungan sosial yang baik. Apabila
seseorang pandai menyesuaikan diri dengan suasana hati individu lain atau dapat
berempati, orang tersebut akan memiliki emosionalitas yang baik dan akan lebih
mudah menyesuaikan diri dalam pergaulan sosial serta lingkungannya. Pada
intinya, kecerdasan emosional merupakan komponen yang membuat seseorang
menjadi pintar menggunakan emosi, kecerdasan emosional juga menyediakan
pemahaman yang lebih mendalam dan lebih utuh tentang diri sendiri dan orang
lain.
Fokus dari penelitian ini bertujuan: pertama, untuk mengetahui adakah
hubungan kecerdasan emosional dengan keterampilan komunikasi interpersonal
peserta didik semester 2 ruang 1 program layanan sistem kredit semester (SKS)?
kedua, seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional dengan keterampilan
komunikasi interpersonal peserta didik semester 2 ruang 1 program layanan
system kredit semester (SKS) di MTs Negeri 3 Pamekasan?
Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat korelasional.
Sedangkan sumber data yang diperoleh, yaitu melalui penyebaran angket,
observasi, dokumentasi dan wawancara. Informannya adalah peserta didik dan
guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang sangat besar
antara kecerdasan emosional dengan keterampilan komunikasi interpersonal
perseta didik. Dari analisis data diketahui nilai “r” dengan N atau jumlah
responden 31 adalah 0.959. Sedangkan “r” product moment diperoleh nilai 0.335
(dalam taraf kepercayaan 95%) atau 0.456 (dalam taraf kepercayaan 99%).
Dengan demikian “r” kerja (0. 959) lebih besar dari harga kritik product
momentnya. Dengan demikian hipotesis pertama yang penulis ajukan (ada
hubungan kecerdasan emosional dengan keterampilan komunikasi interpersonal
peserta didik semester 2 ruang 1 program layanan sistem kredit semester (SKS) di
MTs Negeri 3 Pamekasan) diterima.
Tidak tersedia versi lain