Text
TERAPI BEHAVIOUR BAGI SISWA YANG PUNYA RETALDASI MENTAL UNTUK MERUBAH PERILAKU SISWA DALAM PENDIDIKAN DI SMP NASYRUL ULUM
ABSTRAK
Kholilur Rahman. 2020. “Terapi Behaviour Bagi Siswa Yang Punya Retardasi
Mental Untuk Merubah Perilaku Siswa Dalam Pendidikan Di Smp Nasyrul
Ulum”. Program Studi Bimbingan & Konseling Pendidikan Islam, Fakultas
Tarbiyah IAIN Madura, Pembimbing : H. Abbadi Ishomuddin, M.A
Kata kunci: Terapi Behaviour Untuk Merubah Perilaku Siswa Retardasi Mental
Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh pendidik terhadap
peserta didik, untuk mewujudkan tercapainya perubahan tingkah laku, budi
pekerti, keterampilan dan kepintaran secara intelektual, emosional dan spiritual.
Siswa yang yang mampu memahami pembelajaran tidak ada kendala dalam
proses belajar, namun masih ada siswa yang mempunyai masalah dalam proses
belajar misalnya seperti mempunyai keterbelakangan mental. Bimbinngan dan
konseling punya peranan dalam upaya mengubah perilakunya.
Penelitian ini, memfokuskan pada (1) Penerapan Terapi Behaviour Bagi
Siswa Yang Punya Retardasi Mental Untuk Merubah Perilaku Dalam Pendidikan
di SMP Nasyrul Ulum (2) Apa faktor pendukung dan penghambat Terapi
Behaviour Bagi Siswa Yang Punya Retardasi Mental Untuk Merubah Perilaku
Dalam Pendidikan di SMP Nasyrul Ulum
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan
jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. analisis, sumber data yang
diperoleh melalui observasi, melalui wawancara dan dokumentasi. Informannya
adalah pihak-pihak yang menurut peneliti dianggap menguasai dibidang yang
diteliti, yaitu Guru BK, kepala sekolah, Siswa dan Guru Mata pelajaran. data
tersebut dianalisis melalui (1) Reduksi Data (2) Penyajian Data. (3) Penarikan
Kesimpulan. Kemudian seluruh data di cek keabsahannya dengan perpanjangan
keikut sertaan, ketekunan pengamat dan juga triangulasi.
Hasil peneliti menunjukkan bahwasanya:(1) Penerapan Terapi Behaviour
Bagi Siswa yang punya Retardasi Mental Untuk Merubah Perilaku Dalam
Pendidikan di SMP Nasyrul Ulum dengan cara pertama, menganalis masalah yang
dihadapi oleh siswa, menetapkan tujuan yang hendak dicapai dan tahap
pengempletasian dengan menemukan strategi yang akan digunakan dalam
menangani siswa yang berkaitan. teknik yang digunakan untuk siswa yang
retardasi mental ringan menggunakan teknik Penguatan positif. Sedangkan untuk
siswa yang mengalami retardasi mental sedang dengan menggunakan tekhnik
penokohan yaitu dengan menunjukkan terjadinya proses belajar melalui
pengamatan terhadap orang lain dan perubahan akan terjadi melalui peniruan.(2)
faktor pendukung dan penghambat Terapi Behaviour Bagi Siswa yang punya
Retardasi Mental Untuk Merubah Perilaku Dalam Pendidikan di SMP Nasyrul
Ulum yaitu keinginan anak, dukungan orangtua dan ketersediaan terapis. wadah
atau tempat proses konseling. pembelajaran yang tidak henti-henti disekolah dan
juga pengawasan yang di utamakan untuk anak yang punya retardasi mental.
Sedangkan faktor penghambat terapi behavior bagi siswa yang punya retardasi
mental disebabkan oleh anak itu sendiri yang dipengaruhi oleh faktor genetik,
ramainya ruangan, ketidak kondusifan antar teman, kurangnya minat siswa dalam
terapi, dan tidak tepat waktu pada saat proses terapi berlangsug.
Tidak tersedia versi lain