Text
UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKANN RANAH KOKNITIF PESETA DIDIK DI MA MIFTAHUL ULUM BETTET PAMEKASAN
ABSTRAK
Muhammad Fadlurrohman, 2020 “Upaya Guru Aqidah Akhlak dalam
Mengembangkan Ranah Kognitif Peserta Didik di MA Miftahul Ulum Bettet
Pamekasan” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah,
Pembimbing: Sri Nurhayati, M.Pd.
Kata kunci: Guru Aqidah Akhlak, Ranah Kognitif, Peserta Didik
Pendidik atau guru adalah salah satu komponen manusiawi dalam proses
belajar mengajar yang ikut berperan dalam usaha pembentukan sumber daya
manusia yang potensial di bidang pembangunan Akhlak memiliki fungsi yang
sangat penting bagi peserta didik, dan tidak sajadirasakan oleh peserta didik tetapi
juga dirasakan oleh semua manusia. Oleh karena itu, diajarkan mata pelajaran
Akidah Akhlak. Untuk memahami materi juga dibutuhkan metode yang tepat
dalam pembelajaran. Metode yang tepat sangatlah dibutuhkan agar semua tujuan
yang diharapkan dalam pembelajaran benar-benar tercapai. Meningkatkan
kemampuan peserta didik dari beberapa aspek yaitu kemampuan kognitif.
Kemampuan kognitif berkaitan dengan pengetahuan peserta didik, sejauh mana
mereka memahami dan menguasai pembelajaran.
Kajian pokok yang tersaji dalam penelitian ini yaitu: Pertama, Bagaimana
upaya guru akidah akhlak dalam mengembangkan ranah kognitif peserta didik di
MA Mifathul Ulum Bettet Pamekasan?. Kedua, Apa saja faktor pendukung dan
penghambat yang dihadapi oleh guru Akidah Akhlak dalam mengembangkan
ranah kognitif peserta didik di MA Mifathul Ulum Bettet Pamekasan ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang memaparkan data
secara deskriptif, dengan jenis penelitian fenomenologis. Data yang diperoleh
yaitu dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Menggunakan teknik
pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
peneliti, dan triangulasi.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Upaya Guru Aqidah
Akhlak dalam Mengembangkan Ranah Kognitif Peserta Didik di MA Mifathul
Ulum Bettet Pamekasan sebagai berikut: pertama, Guru memberikan teladan
contoh terlebih dahulu agar siswa bisa meniru dengan cara guru harus datang tepat
waktu kedalam kelas supaya siswa disiplin bukan karena diatur akan tetapi
termotivasi dari gurunya. Kedua, Guru memberikan motivasi sebelum memulai
pembelajaran seperti nasehat dan cerita kisah Rasulullah SAW. Ketiga,
Menggunakan metode pembelajaran yang menariik seperti halnya: ceramah,
diskusi dan tanya jawab.
Faktor pendukung upaya guru Aqidah Akhlak dalam mengembangkan
ranah kognitif peserta didik di MA Mifathul Ulum Bettet Pamekasan: Metode
pembelajaran guru dan Sarana dan Prasarana. Faktor yang menjadi penghambat
dalam pengembangan ranah kognitif peserta didik di MA Miftahul Ulum Bettet
Pamekasan adalah: Pertama, kurangnya kesadaran pada diri siswa mengenai
manfaat pembelajaran aqidah akhlak, karena itu siswa sulit untuk dibimbing dan
diberi arahan. Kedua, lingkungan sekolah (teman), dan Ketiga, minimnya
penggunaan tekhnologi.
Tidak tersedia versi lain