Text
MODEL PEMBELAJARAN OUTDOOR ACTIVITY UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR ANAK DI TK MAMBAUL ULUM KAPONG, KECAMATAN BATU MAR-MAR, KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Rina Ayustina, 2020, Model Pembelajaran Outdoor Activity Untuk Menumbuhkan
Minat Belajar Anak Di Tk Mambaul Ulum Kapong, Kecamatan Batu Mar-Mar,
Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini,
Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Dr.Hj.
Waqiatul Masrurah, M.Si
Kata Kunci: outdoor Activity, Minat Belajar
Minat merupakan kecenderungan seseorang untuk menyenangi sesuatu.
pembelajaran outdoor activity bukan hanya sebagai program pengembangan dan
belajar anak akan tetapi juga sebagai media menumbuhkan minat belajar anak.
Outdoor activity hanya sebuah metode pembelajaran, seperti halnya yang lain.
Outdoor activity dikembangkan dengan tujuan agar pembelajaran berjalan lebih
produktif dan bermakna.
Terdapat tiga hal yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yaitu: pertama,
Bagaimana model pembelajaran outdoor activity di TK Mambaul Ulum Kapong,
Kecamatan Batu Mar-mar, Kabupaten Pamekasan?. Kedua, Bagaimana minat
belajar anak dalam proses pembelajaran outdoor activity di TK Mambaul Ulum
Kapong, Kecamatan Batu Mar-mar, Kabupaten Pamekasan?. Ketiga, Apa faktor
pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan minat belajar anak di TK
Mambaul Ulum Kapong, Kecamatan Batu Mar-mar, Kabupaten Pamekasan?.
Dalam penelitian ini lokasi yang diambil di TK Mambaul Ulum Kapong
Kecamatan Batu Mar-Mar, Kabupaten Pamekasan, lalu data tersebut disajikan
dalam bentuk laporan hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala madrasah, guru, dan
satpam. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan
kehadiran, penggunaan bahan referensi dan triangulasi.
Dari hasil penelitian di laporan menunjukkan: pertama, gambaran model
pembelajaran outdoor activity yaitu salah satu strategi pembelajaran yang tidak
dilakukan di dalam kelas akan tetapi dilakukan di luar kelas atau di luar sekolah,
dimana dalam pembelajaran tersebut dapat mengenal atau melihat secara langsung
dan agar membuat siswa yang pasif menjadi siswa yang aktif dan. Kedua, Minat
belajar anak akan semakin berkembang apabila disertai dengan metode
pembalajaran yang menarik salah satunya dengan metode pembelajaran outdoor
activity, karena dengan pembelajaran tersebut anak mungkin lebih besemangat
dan minat belajarnya pun dapat tumbuh. Ketiga, faktor-faktor yang
mempengaruhi minat belajar anak, faktor pendukung dan penghambat. Faktor
pendukung yaitu kreatifitas guru dalam mengelola tempat pembelajaran yang
nyaman, Lingkungan sekolah menyediakan suasana yang pas untuk tempat
pembelajaran outdoor activity, sehingga anak dapat menumbuhkan minat
belajarnya dengan baik, adapun faktor penghambat ada beberapa anak yang
kurang berkonsentrasi ketika guru menjelaskan, minimnya sarana dan prasarana.
Tidak tersedia versi lain