Text
PELAKSANAAN LAYANAN ORIENTASI DALAM MENGEMBANGKAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XII DI SMA AL-MUNIRI LARANGAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Abd Hamid, 2020. Pelaksanaan Layanan Orientasi Dalam Mengembangkan
Perencanaan Karir Siswa Kelas XII Di SMA Al-Muniri Larangan Pamekasan,
Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah,
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Dr. Muhammad Thoha,
M.Pd.I
Kata Kunci: Layanan Orientasi dan Perencanaan Karir
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya siswa yang kurang terhadap
perencanaan karirmya sehingga siswa kurang memperhatikan perencanaan karir,
dalam hal ini sangat diperlukan penanganan khusus untuk mengembangkan
perencanaan karir yang harus dilakukan oleh guru BK melalaui layanan BK yaitu
layanan Orientasi. Ada tiga fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini,
yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan layanan orientasi dalam mengembangkan
Perencanaan karir siswa di SMA Al-Muniri Larangan Pamekasan ? 2) Apa saja
kendala pelaksanaan layanan orientasi untuk mengembangkan Perencanaan Karir
Siswa di SMA Al-Muniri Larangan Pamekasan ? 3) Bagaimana respon siswa
terhadap layanan orientasi dalam perencanaan karir di SMA Al-Muniri Larangan
Pamekasan ?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di
SMA Al-Muniri Larangan Pamekasan. Teknik yang digunakan dalam prosedur
pengumpulan data ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Aktifitas dalam
analisis data penelitian meliputi reduksi data, display data, dan
kesimpulan/verifikasi. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data peneliti
melakukannya berdasarkan derajat kepercayaan yang meliputi perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, pelaksanaan layanan
Orientasi tentang perecanaan karir siswa meliputi 1) Guru BK membuat
perencanaan layanan Orientasi tentang perencanaan karir, 2), Guru BK membuat
RPBK, Powerpoint tentang perencanaan karir 3) Guru BK melaksanakan layanan
Orientasi tentang perencanaan karir, 4) Guru BK memberikan layanan Konsultasi
setelah melaksanakan lyanan Orientasi tentang Perencanaan karir. Kedua,kendala
dalam pelaksanaan layanan Orientasi meliputi 1) Tidak adanya jam masuk kelas
khusus untuk guru BK yang menyulitkan Guru BK dalam memberikan layanan
orientasi tentang perencanaan karir, 2) beberapa siswa sebagian kecil kurang aktif
mengikuti pemaparan dari peneliti sehingga Guru BK harus memberikan stimulus
untuk memancing siswa agar juga aktif. Ketiga, Respon dalam melaksanakan
layanan orientasi tentang perencanaan karir ini Guru BK mendapatkan respon
yang baik dari siswa, karena sebagian siswa dapat melakukan perencanaan karir
mereka setelah mereka lulus dan sebagian siswa sudah bisa memilki pandangan
terhadap dunia kerja ataupun perguruan tinggi yang mereka minati.
Tidak tersedia versi lain