Text
PERAN GURU BK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN DAN SPIRITUAL SISWA DI MTSN NASYRUL ULUM BAGANDAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Ibnu Rahman Firdaus, 2020. Peran Guru BK dalam mengembangkan kecerdasan
Spiritual dan Emosional Siswa di MTs Nasyrul Ulum Bagandan
Pamekasan. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling
Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri
Madura pembimbing: Fathol Haliq, M.S.I.
Kata kunci: Guru BK, kecerdasan Spiritual dan Emosional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Guru BK dalam
mengembangkan kecerdasan Spiritual dan Emosional Siswa di MTs Nasyrul
Ulum Bagandan Pamekasan sebagai lokasi penelitian. Ada tiga Fokus yang
menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu : 1) Bagaimana Peran Guru BK
dalam mengembangkan kecerdasan Spiritual dan Emosional Siswa di MTs
Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan ? : 2) bagaimana strategi Guru BK dalam
mengembangkan kecerdasan Spiritual dan Emosional Siswa di MTs Nasyrul
Ulum Bagandan pamekasan ? : 3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat
kecerdasan Spiritual dan Emosional Siswa di MTs Nasyrul Ulum Bagandan
Pamekasan ?.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dalam bentuk Deskriptif
Analysis. Untuk memperoleh data, maka di gunakan beberapa teknik
pengumpulan data yaitu wawancara, semi tersetruktur, observasi non partisipasi
dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, dilakukan beberapa upaya meliputi
reduksi data (data reduction) paparan data (data display), dan penarikan
kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/verifying), selanjutnya, demi
menjamin validitas dan keabsahan data yang diperoleh, maka di lakukan teknik
trianggulasi yang meliputi teknik trianggulasi sumber dan teknik trianggulasi
teori.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, hasil penelitian tentang Peran Guru
BK dalam mengembangkan kecerdasan Spiritual dan Emosional Siswa di MTs
Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan adalah : 1) memberikan layanan individu, 2)
layanan Bimbingan Kelompok . 3) Layanan Konsultasi. 4) Bimbingan Klasikal.
Adapun strategi Guru BK dalam pelaksanaan bimbingan konseling bagi anak
yang minim dalam kecerdasan spiritual dan emosionalnya adalah : 1) bekerjasama
dengan wali kelas, Guru, dan Siswa; 2) adanya bimbingan kelompok yang
berbentuk diskusi. 3) memberikan aktivitas keagamaan 4) kegiatan ubudiyah 5)
aktivitas sosial masyarakat. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat Peran
Guru BK dalam mengembangkan kecerdasan Spiritual dan Emosional Siswa di
MTs Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan adalah : 1) faktor pendukung, yaitu : a)
dukungan dari pihak sekolah, dalam hal ini kepala Sekolah, Wali Kelas, Guru dan
Siswa. b). Dukungan sarana dan prasarana yang memadai. 2). faktor penghambat,
yaitu : a). Siswa cenderung tertutup/introvert; b). Malas belajar; c). Tidur di kelas;
d). Kurangnya motivasi dari Orang Tua.
Tidak tersedia versi lain