Text
IMPLEMENTASI KONSELING REBT (RATIOAL EMOTIF BEHAVIOR THERAPY) UNTUK MENGUBAH MINDSET NEGATIF SISWA DI MA. SUMBER BUNGUR KECAMATAN PAKONG KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Kholidatul Mutmainah, 2020, implementasi konseling REBT untuk mengubah
mindset negative siswa di MA. SUMBER Bungur Pakong Pamekasan, Skripsi,
Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah,
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: H.M. Jamaluddin M,
Pd
Kata Kunci: konseling REBT, mindset negatif, siswa
Penelitian ini bertujuan untuk mengubah mindset negatif siswa terhadap
guru BK seperti guru BK yang di nilai sebagai polisi sekolah., dengan menjadikan
MA. Sumber Bungur Pakong Pamekasan sebagai fokus penelitian. Ada tiga fokus
yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: 1. Bagaimana mindset
negative siswa di MA. Sumber Bungur Pakong Pamekasan. 2. Bagaiamana
pelaksanaan konseling REBT untuk mengubah mindset negative siswa kepada
guru BK d MA. Sumber Bungur Pakong Pamekasan. 3. Dampak konseling REBT
terhadap siswa di MA. SumberBungur Pakong Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan teknik analisis data yang
digunakan adalah Descriptif Analysis. Untuk memperoleh data,maka digunakan
beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara semi terstruktur, observasi
non partisipan dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, dilakukan beberapa
upaya meliputi reduksi data (data reduction), paparan data (data display), dan
penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/ verifying). Selanjutnya,
demi menjamin validitas dan keabsahan data yang diperoleh, maka dilakukan
teknik triangulasi yang meliputi teknik triangulasi sumber dan teknik triangulasi
metode.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, hasil penelitian tentang implementasi
konseling REBT untuk mengubah mindset negatif siswa di MA.Sumber Bungur
Pakong Pamekasan: hasil dari penyebaran angket oleh guru BK kepada siswa
bhawa minset negative siswa di MA. Sumber Bungur Pakong Pamekasan 1.
Beberapa siswa cenderung mempunyai mindset negative terhadap guru BK. 2.
Ada beberapa siswa yang menganggap bahwa guru bk di MA. Sumber Bungur
sebagai polisi sekolah 3. Ada juga salah satu siswa yang berbeda pendapat dengan
siswa yang lain. Siswa disini tidak menganggap guru BK di MA. Sumber Bungur
sebagai polisi sekolah siswa ini menganggap guru BK sebagai teman curhat yang
bisa diajak sharing ketika ada masalah. Pelaksanaan layanan konseling REBT
untuk mengubah mindset negatif siswa. Sebelum guru BK memberikanlayanan
konseling REBT guru BK hendaknya : 1. Membaca do’a sebelum memulai
konseling, 2. Mencairkan suasana supaya suasana tidak tegang dan sisa tidak
merasa dirinya sdang diintrogasi, 3. Membuat hubungan baikdengan klien/siswa
seperti menanyakan kabar, hobbi dan keadaan 4. Lalu memulai layanan konseling
dengan tenang. Dampak konseling REBT terhadap mindset negative siswa di MA.
Sumber Bungur Pakong Pamekasan. 1. siswa yang telah di berikan layanan
konseling REBT pelanggarannya sudah mulai berkurang, 2. Siswa jarang di
panggil ke ruang bk, 3. Munculnya kesadaran diri pada siswa.
Tidak tersedia versi lain