Text
UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENUMBUHKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 5 PAMEKASAN
ABSTRAK
Indra Rukmana Noviantoro, 2020, Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa di SMAN 5 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Mohammad Jamaluddin M.Pd.
Kata Kunci: Guru, Bimbingan Dan Konseling, Kepercayaan Diri
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru BK dalam menangani siswa yang memiliki kecenderungan sikap tidak tegas dan tidak berani mengungkapkan pendapat maupun perasaannya terhadap orang, dengan menjadikan SMA Negeri 5 Pemekasan sebagai lokasi penelitian. Ada tiga fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana Kepercayaan Diri siswa di SMAN 5 Pamekasan?;2) Bagaimana upaya guru BK dalam menumbuhkan kepecayaan diri siswa di SMAN 5 Pamekasan?; 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru BK dalam menumbuhkan kepercayaan diri siswa di SMAN 5 Pamekasan?.
Penelitian ini merupakan perpaduan antara penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif dngan teknik analisis data yang digunakan adalah Descriptif Analysis.Untuk memperoleh data, maka digunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara terstruktur, observasi non partisipan dan dokumentasi serta pelancaran angket. Setelah data terkumpul, dilakukan beberapa upaya meliputi reduksi data (data reduction), paparan data (data display), dan penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/ verifying). Selanjutnya, demi menjamin validitas dan keabsahan data yang diperoleh, maka dilakukan teknik triangulasi yang meliputi teknik tringulasi sumber dan teknik tringulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahawa pertama kepercayaan diri siswa SMAN 5 Pamekasan tinggi dan rendah. Dimana keprcayaan diri memperoleh hasil 76% dengan kategori tinggi dan memperoleh hasil 24% dengan kategori rendah dari jumlah siswa sebanyak 27, kepercayaan diri siswa secara keseluruhan dapat dikatakan baik. Kedua upaya guru bimbingan dan konseling dalam menumbuhkan kepercayaan diri siswa di SMAN 5 Pamekasan yaitu: 1) Memberikan motivasi; 2) Memberikan Layanan Individu, 3)Layanan Bimbingan Kelompok, 4) Layanan Klasikal, dan Layanan Informasi, dengan strategi bekerja sama dengan wali kelas dan siswa. Ketiga faktor penghambat dan pendukung guru BK dalam menumbuhkan kepercayaan diri adalah: 1) Faktor penghambat yaitu: a) siswa kurang terbiasa mengerjakan tugas secara mandiri, b) siswa cenderung tertutup; b)keluarga cenderung kurang peduli terhadap anaknya, c) siswa cenderung berpandangan negatif terhadap guru BK; d) keterbatasan waktu bimbingan, e) Sarana dan Prasarana yang kurang memadai. 2) Faktor pendukung yaitu: a) dukungan dari pihak sekolah, dalam hal ini Dukungan guru dengan cara memberikan metode pembelajaran seperti diskusi. b) siswa mendapat bantuan dari siswa lain. c) dari hasil analisis angket kebutuhan peserta guru BK dapat mengetahui siswa yang kurang percaya diri.
Tidak tersedia versi lain