Text
PROFESIONALISME GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TENTANG ASAS KERAHASIAN DALAM MENJAGA MASALAH SISWA DI MAN 2 PAMEKASAN
ABSTRAK
Edi irawan, 2020 Profesionalisme Guru Bimbingan Dan Konseling Tentang Asas
Kerahasiaan Dalam Menjaga Masalah Siswa Di MAN 2 Pamekasan, Skripsi,
program studi BKPI, Jurusan tarbiayah, IAIN Madura, pembimbing: H.
Mohammad jamaluddin,
Kata Kunci: Profesionalisme guru BK, kompetensi guru BK, asas kerahasiaan.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penyalahgunaan suatu rahasia
siswa yang seharusnya tidak boleh disebarluaskan oleh guru BK sehingga
mengakibatkan siswa tidak mau memercayai guru BK lagi.Penelitian ini
bertujuan untuk mendiskripsikan tentang asas kerahasiaan siswa di man 2
pamekasan dengan upaya-upaya yang dilakukan oleh guru BK untuk menjaga
dan menyimpan segala bentuk rahasia yang tidak ingin diketahui oleh orang lain
yang dilakukan oleh seorang profesionalisme.
Ada tiga fokus yang menjadi kajian dalam penelitian ini. 1 ) Bagaimana
gambaran profesionalisme guru bimbingan dan konseling di Man 2 Pamekasan?
2) Bagaimana cara guru bimbingan dan konseling dalam menjaga rahasia klien
sebagai upaya meningkatkan kepercayaan diri konseli kepada konselor? 3) Apa
saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan asas
kerahasiaan untuk meningkatkan kepercayaan konseli kepada konselor?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data
wawancara, observasi, dokumentasi yang berupa foto dan data sekolah.
Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Sedangkan pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan pengamatan
dan trigulasi sumber, teknik, dan waktu.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, gambaran profesionalisme
guru BK, merupakan seorang profesional yang memiliki kemampuan dan
tanggung jawab di bidang bimbingan dan konseling. Seorang konselor harus
memiliki nilai, sikap, keteampilan dan pengetahuan dalam bidang profesi
konselor, dan mempunyai bukti kewenangan seperti pengakuan
keprofesionalan konselor kedua, cara-cara guru bk dalam menjaga rahasia
siswa dengan cara hubungan dengan seorang siswa perlu dipererat,
meyakinkan siswa untuk percaya kepada konselor bahwa permasalahpermasalahan yang sudah diceritakan kepada konselor betul-betul akan dijaga,
merahasiakan semua rahasia siswa tampa seorangpun yang tau selain
konselor dan siswa saja yang mengetahui hal tersebut, menghiraukan semua
gosip yang belum tentu kebenarannya. Meyakinkan pihak lain yang mengetahui
suatu rahasia agar bisa bekerjasama agar rahasia tersebut tidak menyebar
lebih jauh. Ketiga faktor pendukung dalam profesi bk dalam merahasiakan
rahasia siswa antara lain Adanya dukungan dari berbagai pihak terutama kepala
sekolah, Evaluasi yang dilakukan kepala sekolah ennam bulan atau satu
semester yang dilakukan bersama beberapa pihak, Siswa terbuka dalam
melakukan kegiatan bimbingan dan konseling, dan adanya kolaborasi dariv
berbagai pihak. Faktor penghambat dalam ini antara lain Kurangnya ruang
prifasi untuk mengungkapkan permasalahan siswa, Tidak seimbangnya jumlah
guru bimbingan dan konseling dengan jumlah siswa.
Tidak tersedia versi lain