Text
KORELASI ANTARA METODE MENDONGENG TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI PAUD PERWARI II BUDDAGAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Rofi Yuliatin, 2020, Korelasi Antara Metode Mendongeng Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di PAUD Perwari II Buddagan Pamekasan, Skripsi, Program Studi PIAUD, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Hj. S. Sumihatul Ummah MS, M.Pd.
Kata kunci : Metode Mendongeng, Perkembangan Sosial Emosional Anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara metode mendongeng terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di PAUD Perwari II Buddagan Pamekasan. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah Penelitian Kuantitatif metode korelasi product moment yang dilaksanakan di PAUD Perwari II Buddagan Pamekasan. Subjek penelitian ini adalah keseluruhan siswa PAUD Perwari II Buddagan Pamekasan yang berjumlah 17 anak, yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Objek yang diteliti adalah perkembangan sosial emosional anak usia dini. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah Angket (Kuesioner) dan Tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi antara metode mendongeng terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. Hal ini ditunjukkan dengan diperolehnya nilai “r” kerja nilai positif sebesar 0,612. Nilai “r” kerja yang sebesar 0,612 adalah lebih besar dari kritik “r” product moment baik dalam interval kepercayaan 95% maupun interval kepercayaan 99%, yang dimana interval kepercayaan 95% adalah 0,482 dan dalam interval kepercayaan 99% adalah 0,606. Jadi rkerja > rtabel dan menandakan bahwa “r”kerja signifikan, dimana ada korelasi antara metode mendongeng terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. Dan juga diketahui nilai “r” kerja yang bernilai 0,612 berada diantara 0,40-0,70. Ini artinya variabel X (Korelasi Metode Mendongeng) dan variabel Y (Perkembangan Sosial emosional anak usia dini) memiliki hubungan/korelasi yang cukup.
Tidak tersedia versi lain