Text
IMPLEMENTASI PENGENALAN LAMBANG BILANGAN PADA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN LAGU DI TK PKK JALMAK DESA JALMAK KECAMATAN PAMEKASAN JAWATIMUR
ABSTRAK
Yuni Shofarina, 2020, Implementasi Pengenalan Lambang Bilangan pada Anak Usia Dini dengan Menggunakan Lagu di TK PKK Jalmak Desa Jalmak Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan Jawa Timur, Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Jalimudin Usman, M.Pd.I
Kata Kunci: Lambang Bilangan, Lagu, TK PKK Jalmak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena menarik yang peneliti temukan di TK PKK Jalmak dalam kegiatan pembelajaran yakni pengenalan lambang bilangan dengan menggunakan lagu. Sehingga memudahkan anak untuk mengenali lambang-lambang dari bilangan, mampu menulis lambang bilangan dengan benar secara mandiri dan menyebutkan bilangan sesuai dengan lambang bilangannya.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus dalam penelitian ini, yaitu pertama, bagaimana implementasi pengenalan lambang bilangan pada anak usia dini dengan menggunakan lagu di TK PKK Jalmak desa Jalmak kecamatan Pamekasan kabupaten Pamekasan Jawa Timur; kedua, apa faktor pendukungnya; dan ketiga, apa faktor penghambatnya. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi pengenalan lambang bilangan pada anak usia dini dengan menggunakan lagu di TK PKK Jalmak desa Jalmak kecamatan Pamekasan kabupaten Pamekasan Jawa Timur, berikut faktor pendukung dan penghambatnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah guru kelompok A dan guru pengganti. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelompok A1 yang berjumlah 21 anak. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, implementasi pengenalan lambang bilangan pada anak usia dini dengan menggunakan lagu di TK PKK Jalmak desa Jalmak kecamatan Pamekasan kabupaten Pamekasan Jawa Timur dilakukan dengan cara guru menyanyikan terlebih dahulu sembari didengarkan oleh anak dan anak mengikuti. Kemudian menjelaskan tentang kegiatan yang akan dilakukan dengan memberi contoh terlebih dahulu kepada anak. Setelah itu anak diberi lembar kerja anak sesuai dengan yang dijelaskan oleh guru, setelah mengerjakan anak bisa langsung mengumpulkan dan mendapat nilai dari guru. Kedua, faktor pendukung dari implementasi pengenalan lambang bilangan pada anak usia dini dengan menggunakan lagu yaitu guru yang selalu memotivasi anak dengan ucapan dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dan sarana prasarana yang cukup memadai. Ketiga, faktor penghambat dari implementasi pengenalan lambang bilangan pada anak usia dini dengan menggunakan lagu yaitu usia siswa yang belum sampai 4 tahun dan tingkat kecerdasan anak.
Tidak tersedia versi lain