Text
GAYA BAHASA DALAM SLOGAN IKLAN MAKANAN DI INSTAGRAM
ABSTRAK
Ach.Jazuli, 2020, Gaya Bahasa dalam Slogan Iklan Makanan di Instagram,
Skripsi, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut
Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Moh. Faridi, M.Pd.
Kata Kunci: Gaya Bahasa, Makna Semantik, Slogan, Iklan, Instagram
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa serta makna
semantik yang digunakan dalam slogan iklan makanan di instagram. Gaya bahasa
dalam iklan makanan di Instagram dijadikan objek penelitian karena gaya bahasa
adalah salah satu kunci untuk menilai suatu hal berkualitas atau tidak begitupun
dalam slogan iklan makanan yang memang saat ini banyak sekali produk makanan
yang promusikan untuk menarik minat konsumen terlebih di media sosial
instagram, oleh karenanya media yang peneliti ambil ialah instagram karena untuk
saat ini yang paling banyak dikunjungi oleh para penggunan medsos adalah
instagram. Obyek penelitian adalah gaya bahasa serta makna semantik yang
terkandung dalam slogan iklan makanan di instagram. Data diperoleh dari slogan
iklan makanan di instagram berupa farsa, kalimat serta gambar iklan suatu pruduk
makanan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif
kualitatif. Metode kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif,
yaitu dari yang berupa kata-kata tertulis/lisan dari orang-orang atau prilaku yang
diamati. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah teknik simak dan catat.
Intrumen penelitian adalah human instrumen. Unji keabsahan data menggunakan
versi positivisme dan disesuaikan dengan tuntutan pengetahuan, kriteria dan
paradigmanya sendiri. Yakni dengan cara membaca berulang-ulang data yang
sudah terkumpul dalam usaha untuk pemahaman dan penafsiran agar
mendapatkan hasil yang sebaik-baiknya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 54 data slogan iklan
makanan yang mengandung gaya bahasa. Hasil analisis terdiri dari 2 gaya bahasa
metafora, 5 gaya bahasa personifikasi, 19 gaya bahasa hiperbola, 1 gaya bahasa
sinekdoke, 9 gaya bahasa repetisi, 2 gaya bahasa pertanyaan retoris, 9 gaya bahasa
aliterasi, 6 gaya bahasa asonasi dan 1 gaya bahasa elipsis. Serta tiap-tiap gaya
bahasa yang digunakan dalam slogan iklan makanan mengandung makna
semantik yang dideskripsikan oleh peneliti.
Tidak tersedia versi lain