Text
PENERAPAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF DENGAN METODE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII MTSN 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Siti Saadah, 2020, Penerapan Pendekatan Komunikatif dengan Metode CIRC
(Cooperative Integrated Reading And Composition) dalam Pembelajaran Bahasa
Indonesia Siswa Kelas VIII MTsN 1 Pamekasan, Skripsi, Program Studi TBIN,
Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Kristanti Ayuanita, M. Pd.
Kata Kunci: Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition),
Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Di Kelas VIII MTsN 1 Pamekasan masih banyak permasalahan dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia, terutama penerapan Metode CIRC (Cooperative
Integrated Reading And Composition) dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
Beberapa faktor melatarbelakangi hal tersebut, sehingga penerapan Metode CIRC
(Cooperative Integrated Reading And Composition)masih kurang efektif.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi fokus
penelituan dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana penerapan
pendekatan komunikatifdengan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading
And Composition)dalam pembelajaran bahasa Indonesia oleh guru pada siswa
kelas VIII MTsN 1 Pamekasan. Kedua, Apa faktor pendukung dan penghambat
dalam penerapan pendekatan komunikatif dengan metode CIRC (Cooperative
Integrated Reading And Composition) dalam pembelajaran bahasa Indonesia
siswa kelas VIII MTsN 1 Pamekasan. Ketiga, Apa solusi dari faktor penghambat
yang muncul dalam penerapan pendekatan komunikatif dengan metode CIRC
(Cooperative Integrated Reading And Composition) dalam pembelajaran bahasa
Indonesia siswa kelas VIII MTsN 1 Pamekasan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
Fenomenologis. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Informannya adalah guru Bahasa Indonesia serta siswa kelas VIII.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Penerapan pendekatan
komunikatif dengan metode CIRC dalam pembelajaran bahasa Indonesia yakni
guru membaca RPP, guru menyiapkan buku paket, guru menyiapkan materi, guru
menerangkan materi, guru membentuk kelompok. Kedua, Faktor pendukung dan
penghambat dalam penerapkan pendekatan komunikatif dengan metode CIRC
dalam pembelajaran bahasa Indonesia, faktor pendukung yakni minat siswa yang
besar, miliki rasa kebersamaan, memiliki kepercayaan diri dalam bertanya.
Adapun faktor penghambatnya, siswa mengganggu siswa lainnya pada saat
mengerjakan tugas pada saat proses pembelajaran, membutuhkan waktu yang
lama, dari proses pembentukan kelompok dan menjelaskan cara kerjanya. Ketiga,
Solusi dari faktor penghambat yang muncul dalam penerapan pendekatan
komunikatif dengan metode CIRC dalam pembelajaran bahasa Indonesia, guru
sudah menentukan anggota setiap masing-masing kelompok dan siswa langsung
berkumpul pada kelompoknya. Sehingga tidak membuang waktu untuk
menentukan kelompok lagi, menegur siswa yang mengganggu siswa lain pada
saat mengerjakan tugas kelompok agar ikut aktif dalam mengerjakan tugas
kelompoknya.
Tidak tersedia versi lain